KIM Diminta Memanfaatkan Teknologi Dengan Baik

PASURUAN, Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke IX Jawa Timur kembali diadakan setelah Pekan KIM VIII yang diadakan 2 (dua) tahun yang lalu.  Rangakaian acara yang dimulai tanggal 11 hingga 16 September 2017 mendatang ini dilaksanakan di panggung terbuka Amphi Theater Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. 

Dihadiri oleh KIM se Jawa Timur, pembukaan yang dilaksanakan pada 12 September 2017 ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati dan Walikota se Jatim, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dari Kabupaten/ Kota se Jatim serta para undangan. Selain dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Drs.H. Saifullah Yusuf, juga penyerahan hadiah kepada para KIM yang menang dalam Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) yang dilaksanakan pada Senin (11/09/2017).

Peserta LCCK yang masuk dalam grand final adalah KIM yang meraih juara pertama di Tingkat Kabupaten/ Kota masing-masing yang diadakan tahun 2016 lalu. Sebagai Juara1 LCCK tahun ini adalah KIM Mojo asal Kota Surabaya. 

Setelah rangkain Pembukaan dan Pameran Produk Informasi dan Produk TIK KIM pada 12-16 September 2017, kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan KIM pada 13 September 2017,  workshop dan Lomba Blog KIM pada 14 September 2017, dan Festival Pertura pada 12-15 September 2017 serta Pekan KIM IX Jatim ini akan ditutup pada 16 September 2017. 

Perkembangan KIM di Jatim begitu pesat, ditandai dengan hampir seluruh KIM Jatim memiliki Web Blog sebagai media penyebarluasan informasi. Dengan teknologi yang digunakan para KIM ini, maka keterbukaan informasi mengalami peningkatan dalam penyediaan informasi dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri.

Dalam arahannya saat pembukaan Pekan KIM IX Jatim, Wakil Gubernur Jatim atau yang akrab dengan panggilan Gus Iful mengatakan bahwa KIM harus terus memperkuat perannya ditengah masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam menghadapi segala bentuk tantangan. ”Dengan pemanfaatan teknologi, diharapkan tidak ada lagi kesenjangan informasi dari tingkat provinsi hingga desa," ungkapnya.

“Teman-teman KIM hendaknya menggunakan teknologi dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan semua pihak hingga ke masyarakat.” tambahnya.

KIM Jatim Patut Menjadi Percontohan Untuk Babel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kep Bangka Belitung, Suharto mengatakan pentingnya menjadikan KIM dan Pembinaan KIM oleh Kominfo Jatim sebagai percontohan bagi KIM di Babel khususnya Kominfo Babel sebagai instansi pembina KIM Babel.  
Dengan hadirnya perwakilan Kominfo Babel sebagai tamu undangan dalam pembukaan Pekan KIM IX Jatim, diharapnya dapat mengambil banyak pelajaran untuk perkembangan fungsi KIM di Babel. 
“KIM di Jatim patut menjadi percontohan bagi Babel sebab perkembangannya hingga ke penggunaan teknologi dalam penyebarluasan informasinya,” ungkap Suharto (12/09/2017).

Perkembangan KIM di Jatim sendiri saat ini mulai memfokuskan pada bidang-bidang tertentu, seperti bidang pariwisata dan pertanian. Pemerintah memiliki kepentingan dalam membina KIM sebab KIM merupakan partner pemerintah untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp