Rudiantara : Manfaatkan Media Sosial Untuk Hal Yang Positif

Pangkalpinang – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada hari Senin (13/11/2017) hadir di tengah-tengah para mahasiswa dan pelajar di Pangkalpinang dalam acara "Diskusi Nasional Generasi Milenial Membangun Konten Positif" di Bangka Belitung. Acara tersebut digelar di ruang Aula STKIP Muhammadiyah Pangkalpinang. Selaku narasumber utama adalah Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara yang mengajak masyarakat untuk menggunakan media sosial secara bijak dengan membagikan konten-konten positif serta bermanfaat.

Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara menyampaikan bahwa berdasarkan survei orang-orang zaman sekarang bergantung dengan ponselnya. “Berdasarkan survei, kita ini dari bangun tidur hingga mau tidur lagi menggunakan ponsel. Begitu bangun tidur, yang dicari ponsel dulu,” ujar Rudiantara.

Penggunaan ponsel untuk kehidupan sehari-hari tidak menjadi masalah apabila dipergunakan untuk hal-hal yang baik. Menkominfo berharap kepada masyrakat untuk tidak terlalu mudah percaya dengan informasi yang beredar dalam grup-grup applikasi pesan. Pasalnya pesan-pesan yang yang sumbernya tidak jelas akan memberikan dampak yang kurang bagus jika tidak dilakukan klarifikasi terlebih dahulu. 

“Kalau perlu cuma dibaca saja, tidak perlu di forward, kemudian dihapus. Karena hanya buang-buang quota, lebih baik quotanya digunakan untuk hal-hal yang positif,” pesan Menkominfo.

Untuk itu, Menkominfo Rudiantara berpesan kepada para pelajar yang hadir untuk selalu melakukan check dan re-check terhadap kebenaran informasi yang mereka terima melalui smartphone dengan berbagai aplikasi yang dipergunakan.

Lebih jauh Rudiantara menyampaikan kepada generasi muda bahwa pada tahun 2030 diperkirakan masyarakat Indonesia akan berada dipuncak usia produktif, dimana usia produktif saat itu akan berjumlah dua kali lipat dari pada usia yang non-produktif.

"Bonus demografi akan memberikan dampak ekonomi negara Indonesia yang diperkirakan akan meningkat drastis di Asean sehingga pendapatan perindividunya pun akan meningkat," ujar Rudiantara. Untuk itu Menkominfo berharap generasi sekarang dapat mempersiapkan secara dini dengan penggunaan media sosial dan dunia maya secara positif. Menkominfo juga memberi contoh penggunaan media secara positif seperti salah seorang founder ojek online dari Pangkalpinang, dengan nama  “Aok Jek” yang dapat membuka lapangan pekerjaan. Dengan penggunaan media sosial secara positif menyampaikan maka berbagai keuntungan dapat dirasakan manfaatnya oleh penggunannya secara langsung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo