BKKBN Gelar Rakor Bahas Usia Menikah yang Ideal dan Program KB

PANGKALPINANG-- – Populasi manusia dapat menjadi sebuah kekuatan bagi suatu daerah, namun apabila tidak dikendalikan dengan baik maka bisa saja akan memiliki dampak yang negatif. Untuk itu, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Daerah Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tingkat Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang diadakan di Hotel Santika pada hari selasa (13/3).

Dalam paparan Etna Estelita selaku Kepala perwakilan BKKBN Provinsi  Babel menyampaikan bahwa Bangka Selatan memiliki Total Fertility Rate (TFR) tertinggi dan juga usia perkawinan di bawah 18 tahun yang juga cukup tinggi. Dimana idealnya usia menikah bagi pria yang dicanangkan oleh pemerintah adalah 25 tahun dan bagi wanita adalah 21 tahun dengan berbagai pertimbangan yang sudah cukup matang.

Sedangkan untuk persentase jumlah penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang yang dilaksanakan di Provinsi Babel, untuk kota Pangkalpinang sudah cukup tinggi. Menurutnya, hal ini dapat terlaksana mengingat fasilitas di Kota Pangkalpinang yang lebih lengkap.

 

Total Fertility Rate Provinsi Babel (dalam %) sebagai berikut;

Bangka Selatan : 2,58

Bangka : 2,48

Belitung Timur : 2,36

Bangka Barat : 2,34

Bangka Tengah : 2,24

Belitung : 2,08

Pangkalpinang : 2

 

Usia Kawin Pertama dibawah usia 18 tahun di provinsi Babel (dalam %) sebagai berikut :

Bangka Selatan : 42,3

Bangka Tengah : 27,3

Belitung Timur : 26,6

Bangka Barat : 24,0

Belitung : 22,7

Bangka : 20,4

Pangkalpinang : 16,2

 

(Sumber : hasil susenas 2015)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Irwanto