1 Unit Bus Sekolah Untuk Kabupaten Bangka

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), K. A. Tajuddin menyerahkan 1 (satu) unit bus sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Bangka. Penyerahan diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Chairil Anwar di Kantor Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, Senin (18/1/2021).

Kepala Dinas Tajuddin mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Bangka.

“Alhamdullilah proses penandatangan berita acara serah terima kendaraan bus sekolah sudah berjalan dengan lancar dan nantinya menjadi aset Pemerintah Kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Tajuddin berharap agar Pemerintah Kabupaten Bangka dapat memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat

“Manfaatkan bus sekolah ini sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat terutama masyarakat dan anak-anak sekolah yang tinggal di daerah yang tidak dilengkapi fasilitas angkutan umum,” jelasnya.

Dengan adanya bus sekolah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas keselamatan lalu lintas.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pelayanan angkutan dengan pertimbangan agar anak sekolah mendapatkan fasilitas transportasi yang lebih aman dan mengurangi kecelakaan lalu lintas. Apalagi, selama ini kita ketahui banyak pelajar yang menggunakan sepeda motor untuk pergi ke sekolah," ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Tajuddin mengatakan bantuan bus sekolah tersebut dapat meringankan beban orangtua siswa. 
"Dengan adanya bantuan ini, masyarakat khususnya orangtua dan pelajar yang menggunakan jasa bus sekolah tersebut bisa meringankan biaya dan waktu yang harus dikeluarkan selama ini, sehingga keberadaan bus sekolah ini akan lebih efisien dan efektif," jelasnya.

Bus ini juga bisa difungsikan sebagai tempat membaca para siswa yang menggunakannya.

"Pengelola bus dapat mengumpulkan buku  bacaan yang dapat di tempatkan di bus sekolah tersebut jadi pada saat pelajar menunggu, mereka dapat membaca buku yang ada di dalam bus," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka, Chairil Anwar mengucapkan terima kasih atas bantuan bus sekolah yang diserahkan Pemprov. Babel kepada Pemerintah Kabupaten Bangka.

“Terima kasih, kami bisa menerima bantuan satu unit bus sekolah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang diserahkan melalui Pemprov. Babel," ujarnya.

Kepala Dinas Chairil berjanji akan menjaga dan menggunakan kendaraan bus sekolah ini dengan sebaik baiknya dan terkait dengan penempatannya dirinya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Akan kami jaga dan kami gunakan sesuai dengan kebutuhan dan akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dengan penggunaan bus sekolah ini,” pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Imelda