10 Desember, Pemprov Babel Lelang Kendaraan Operasional

Pangkalpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melaksanakan Penjualan di muka umum (lelang) Barang Milik Daerah berupa kendaraan dinas operasional milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rencananya, Lelang Kendaraan dinas operasional akan dilakukan di hadapan pejabat Lelang Kelas I Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang. pada hari kamis 10 Desember 2015 dan bertempat di halaman kantor DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bagi masyarakat yang akan mengikuti lelang ini, diharapkan melakukan registrasi dan pendaftaran pada jam kerja dimulai pada hari senin 7 Desember 2015 sampai dengan pelaksanaan lelang dengan membawa tanda pengenal yang sah (KTP atau SIM) beserta fotocopynya sebanyak jumlah kendaraan yang diminati.

Lelang Barang Milik Daerah berupa kendaraan dinas operasional Pemerintah berdasarkan, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/935.5/DPPKAD/2015 tanggal 29 September 2015 tentang Persetujuan penjualan Kendaraan, di hadapan pejabat Lelang Kelas I Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang.

Menurut  ketentuan Pasal 60 Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik  Daerah tindakan penjualan terhadap Barang Milik Daerah, dapat dilaksanakan dengan pertimbangan untuk optimalisasi Barang Milik Daerah yang berlebih atau tidak digunakan/dimanfaatkan secara ekonomis lebih menguntungkan bagi daerah apabila dijual, dan sebagai pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan dan untuk tertib administrasi dalam pengelolaan barang milik daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap barang-barang inventaris (barang bergerak) yang usianya lebih dari umur ekonomis sehingga pemanfaatannya dianggap tidak efektif dan biaya perawatannya dan operasionalnya membebani anggaran.

Adapun dalam lelang ini akan dilelang kendaraan operasional sebanyak 5 (lima) unit kendaraan bermotor roda empat (mobil) dan 45 (empat puluh lima) unit kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor).

Daftar kendaraan yang diusulkan untuk dilakukan penjualan tersebut diatas telah mendapat persetujuan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Surat Gubernur: 032/905/DPPKAD-Asst tanggal 30 September 2015 dan Surat Keputusan Gubernur nomor: 188.44/935.s/DPPKAD/2015 tanggal 30 September 2015 tentang Penetapan Persetujuan Penjualan Kendaraan Dinas Operasional Milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bahwa Penilaian Barang Milik Negara/Daerah selain tanah dan/atau bangunan dalam rangka Pemanfaatan atau Pemindahtanganan dapat dilakukan oleh tim yang ditetapkan oleh Pengguna Barang, dan dapat melibatkan Penilai yang ditetapkan oleh Pengguna Barang, selanjutnya Penilaian Barang Milik Daerah selain tanah dan/atau bangunan dalam rangka Pemanfaatan atau Pemindahtanganan dilakukan oleh tim yang ditetapkan oleh Gubernur/Bupati/Walikota, dan dapat melibatkan Penilai yang ditetapkan Gubernur/Bupati/Walikota dan kemudian baru ditetapkan harga yang wajar sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang kegiatan lelang ini dapat menghubingi Kantor DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan alamat Komplek Perkantoran Terpadu Jalan Pulau Belitung No. 4 Air Itam Pangkalpinang.  

Sumber: 
DPPKAD
Penulis: 
Lisia Ayu A
Fotografer: 
Adinda C