100 Volunter Ikuti Gelegar Pemuda Satu Negeri

Bangka, BabelProv - Kembali, bidang Pemuda Dinas Kepemudaan dan olahraga Babel, menebar virus aksi cinta  lingkungan terhadap pemuda. Diharapkan kegiatan gelegar pemuda satu negeri akan melahirkan pemuda yang sadar dan cinta terhadap lingkungan.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 100 volunteer yang terdiri dari pelajar yang tergabung dari beberapa Sekolah menengah atas (SMA) di kota sungailiat, antara lain,  MAN 1 Bangka , SMA N 1 sungailiat , SMK N 2 sungailiat, SMA setia Budi, dan sahabat alam mendo barat, serta didampingi oleh inisiator Tim Dari Pepelingasih Babel, Maritim muda dan Mahacita Polman Babel.

Kepala dinas kepemudaan dan olahraga provinsi Babel, Suharto, yang diwakili Ferdian Hermawan Loebis, selaku kepala bidang pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan diskepora Babel, mengatakan, pemuda adalah generasi penerus bangsa,  karena ditangan pemudalah sebagai pelopor kemajuan bangsa dan negara.

"Menjaga dan mencintai lingkungan ini jika bukan kita siapa lagi, karena kalian adalah pemuda generasi penerus bangsa, pemuda yang sadar akan arti penting lingkungan", ujar, Ferdian, saat memberikan arahan kepada peserta, minggu (25/08) di Kolong Buntu jalan Timah Raya Kota Sungailiat kabupaten Bangka .

Kegiatan Gelegar Pemuda Satu Negeri, dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan INDONESIA Ke-74 dan Hari Maritim Nasional Ke-56, dengan kegiatan AKSI BERSIH di wilayah Estuari, Penanaman Mangrove dan Edukasi Pemuda Sadar Lingkungan. Kegiatan dilaksanakan di Daerah Kolong Buntu jalan Timah Raya Kota Sungailiat kabupaten Bangka .

Ditambahkannya, lingkungan yang bersih dan indah, tentunya akan berdampak terhadap peningkatan orang yang akan berwisata dan berkunjung ke Babel. Menurut Ferdian yang dikenal dengan sapaan Bob, bidang pemuda diskepora Babel siap untuk mensuport para pemuda yang sadar dan cinta lingkungan.

"lingkungan yang bersih dan indah, nanti akan banyak orang wisata ke pulau kita (Babel), semoga kegiatan ini dapat menularkan kepada pemuda lainnya yang ada di Babel", harapnya.

Sementara itu, Orie Fachridho Hermawan selaku koordinator kegiatan gelegar pemuda satu negeri berharap, dengan adanya kegiatan seperti aksi bersih ini, yang memang langkah awal untuk menularkan virus pepelingasih yaitu pemuda peduli lingkungan asri dan bersih, jelasnya.

"Pemuda peduli lingkungan asri dan bersih , tidak hanya disaat kegiatan ini saja tetapi akan menerapkan rasa kepedulian lingkungan dikegiatan sehari hari, jika ketemu sampah di jalan untuk membuangnya di tempat sampah dan tidak membuang sampah sembarangan", harapnya.

Orie Fachridho Hermawan selaku koordinator kegiatan, dibantu Nur Habibah dari Pepelingasih Bangka Belitung, M. Tahir dari Maritim Muda Zailani dari Mahacita Polman Babel, serta teman – teman lainnya, yang sangat antusias untuk menyukseskan kegiatan ini.

Selain aksi bersih lingkungan, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan penanaman mangrove, menurutnya, penanaman mangrove di sekitar wilayah Estuari, agar ekosistem selalu terjaga kelestariannya. Selain itu, Para volunteer juga diberi bekal dan edukasi bagaimana untuk menjadi pemuda sadar lingkungan.

"sehingga mereka akan menerapkan edukasi yang mereka terima dan dilakukan di lingkungan sekitar, sehingga masyarakat juga mengikuti dan menjaga lingkungan daerah disekitarnya.", harapnya.

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
adit
Fotografer: 
adit
Editor: 
heru