12 Agenda Olahraga Diskepora Babel, Ini Detailnya

PANGKALPINANG -- Tahun ini terdapat 12 agenda olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sejumlah atlet akan unjuk gigi mulai tingkat lokal hingga nasional. Perjalanan terjauh atlet nantinya bertarung di Papua.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto mengatakan, terdapat dua ajang olahraga yang akan digelar di Papua. Pertama Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Pekan Paralimpic Pelajar Nasional IX.

"Pelaksanaan dua event tersebut di bulan September dan November," kata Kadispora Suharto dalam rilis yang diterima Diskominfo Babel, Jumat (15/3/2019).

Selain itu masih banyak ajang olahraga lainnya seperti Liga Sepakbola Pelajaran (LSP). Kegiatan tersebut akan dimulai tanggal 18 sampai 23 Maret di Kabupaten Bangka Selatan. Sedangkan di bulan selanjutnya, tanggal 1 sampai 6 April ada kejurda pelajar.

Kejurda pelajar digelar di Pangkalpinang. Masih di bulan yang sama, yakni tanggal 25 hingga 30 April terdapat kejurnas atletik antar PPLP/PPLPD/SKO di Kabupaten Bangka Tengah. Sementara tanggal 27 hingga 30 April ada kejuaraan Evergreen Intercontinental (EGIC) XII di GOR Sahabuddin.

Selama bulan Mei tidak ada agenda olahraga, namun kegiatan olahraga kembali digelar tanggal 24 hingga 25 Juni. Kegiatan yang mengambil tempat di Tanjung Pandan Belitung ini merupakan seleksi kegiatan invitasi olahraga tradisional.

Lalu di bulan Juli tanggal 1 sampai 6 terdapat kejurnas voli pasir antara PPLP/PPLPD/SKO. Rencananya kegiatan ini juga digelar di Tanjung Pandan, Belitung. Untuk kegiatan training camp liga sepakbola pelajar akan digelar di Pangkalpinang.

Kemudian, masih di bulan yang sama Diskepora Babel mengirim atlet untuk ikut liga sepakbola pelajar di Banten dan Solo. Sebelum berangkat ikut POPNAS di Papua, atlet akan menjalani training camp di Pangkalpinang. 

Selanjutnya di bulan Oktober, Diskepora Bangka Belitung melakukan pengiriman tim untuk ikut kegiatan invitasi olahraga tradisional. Kadiskepora berharap masyarakat luas mengetahui sejumlah aganda olahraga tersebut.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra