169 Bumdes Penerima Bantuan Gubernur Ikut Pelatihan Manajemen Bumdes

Pangkalpinang-Sebanyak 169 Bumdes Penerima Bantuan Gubernur Tahun 2019 mengikuti pelatihan manajemen Bumdes di Ruang CAT Kantor Gubernur Kep. Babel, Rabu (13/11/19). Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 13 sd. 14 November 2019 dan terbagi menjadi 3 sesi, sesi pertama diikuti oleh 40 bumdes dari Kabupaten Bangka Tengah, sesi kedua diikuti oleh 33 Bumdes dari Kabupaten Bangka dan sesi ketiga diikuti 17 dari Kabupaten Bangka Barat dan 29 dari Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala DPMD Babel yang diwakili Kepala Bidang Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuniar Putia Rahma, S.STP, M.Si mengatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dari pengelola berkah mart dalam mengelola tokonya, mulai dari penerimaan barang, penyusunan barang di rak display sampai dengan penggunaan aplikasi transaksi berkah martnya. Selain itu Yuniar menyampaikan bahwa pengelola berkah mart harus tahu kondisi barang-barang yang ada di toko, untuk diperhatikan masalah kadaluarsanya dan dalam pengelolaan berkah mart diharapkan ada keuntungan yang diperoleh supaya terus berkembang dan tujuan Program Pemerintah ini tercapai, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat semua.

Yuniar berpesan bagi Bumdes yang sudah melakukan pencairan tetapi belum menggunakan aplikasi harus berhati-hati dalam adminstrasi dan pembukuannya, dari mulai pencatatan pendapatan dan pengeluarannya. 

Ia berharap para operator aplikasi berkah mart bisa memahami dan bisa mengaplikasikan di berkah mart masing-masing.

Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) di Bangka Belitung tidak ada lagi desa tertinggal dan dengan adanya mart di desa bisa mendongkrak ekonomi desa menjadi lebih maju dan berkembang, "tegasnya.

Sementara Narasumber Tutuy Trisnajaya mengatakan untuk tahun ini ada satu toko yang akan menjadi pilot projek sehingga bisa menjadi contoh untuk toko-toko yang lainnya.
Dalam pengelolaan berkah mart butuhh pengelolaan yang baik dari orangnya sehingga berkah mart bisa besar dan terbuka luas.

Tutuy menegaskan harus adanya promosi untuk menarik minat masyarakat untuk belanja.

Sumber: 
DPMD Babel
Penulis: 
Ratna