2 Oktober Proses P3D Harus Tuntas

Tanjungpandan – Paling lambat 2 Oktober 2016 ini bupati maupun walikota sudah menyerahkan Personel, Prasarana dan Sarana, Pendanaan serta Dokumen (P3D). Sedikitnya terdapat empat bidang pengalihan personel dari pemerintah kabupaten dan kota ke provinsi di antaranya, guru dan tenaga pendidikan, pengawasan ketenagakerjaan, kehutanan dan bidang ESDM.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meminta bupati/walikota segera menyelesaikan proses inventarisasi dan penyerahan P3D. Ini merupakan konsekuensi logis pelaksanaan Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-undang tersebut memerintahkan peralihan sejumlah urusan dari kabupaten maupun kota ke provinsi maupun sebaliknya.

"Waktu penyerahan P3D semakin dekat. Paling lambat 2 Oktober 2016, bupati dan walikota sudah menyerahkan. Lakukan komunikasi inten agar tidak ada data tertinggal," tegas Gubernur saat membuka Rakor Gubernur dengan Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung Serba Guna, Kantor Bupati Belitung, Tanjungpandan, Kamis (15/9/2016).

Terdapat 15 sub urusan pemerintahan yang dialihkan. Gubernur mengatakan, implementasi urusan yang dialihkan tersebut mulai dari personel, prasarana dan sarana, pembiayaan dan dokumentasi. Mengenai pembiayaan sudah harus dialokasikan dan dilaksanakan secara efektif oleh masing-masing jenjang pemerintahan sesuai kewenangan terhitung tanggal 1 Januari 2017.

"Kita mantapkan dan percepat pengalihan P3D. Ini untuk memastikan penyelesaian inventarisasi, verifikasi, dan validasi P3D 15 sub urusan pemerintah. Selain itu untuk membangun komitmen dan membuat kesepakatan kepala daerah dalam kesiapan serah terima P3D. Hari ini disepakati juga jadwal BAST P3D pada 2 Oktober," ujar Rustam.

Lebih jauh Gubernur mengatakan, ada empat bidang pengalihan personel dari pemerintah kabupaten maupun kota ke pemerintah provinsi. Sejumlah bidang itu di antaranya, guru dan tenaga pendidikan, pengawasan ketenagakerjaan, kehutanan dan bidang ESDM. Terdapat 2069 PNS dari empat bidang tersebut dialihkan ke provinsi.

Adapun rincian jumlah aparatur dari Kota Pangkapinang sebanyak 481 orang, Kabupaten Bangka ada 349 pegawai, dari Bangka Tengah sebanyak 282 orang, Bangka Selatan terdapat 197 pegawai. Sedangkan dari Kabupaten Bangka Barat ada 246 pegawai, dari Pemda Belitung 292 orang dan Belitung Timur sebanyak 222 PNS.

"Jumlah guru dan tenaga pendidikan paling banyak. Totalnya mencapai 1981 orang. Sementara untuk PNS yang wajib dialihkan ke instansi pusat, sampai saat ini jumlah totalnya 141 PNS, terdiri dari bidang ESDM terdapat 32 PNS, bidang penyuluh KB terdapat 66 PNS dan bidang perikanan terdapat 43 PNS," jelas Gubernur.

 

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra