20 Negara Ikut Triathlon 2016

Jakarta – Sebanyak 425 peserta dari 20 negara ikut meramaikan ajang wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 23 April 2016. Sejumlah negara tersebut di antaranya, Aljazair, Australia, Austria, Amerika, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania dan Perancis. Sebagai tuan rumah, Indonesia ingin memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan potensi wisata di Bangka Belitung.

Arief Yahya Menteri Pariwisata mengapresiasi penyelenggaraan ajang sport tourism tersebut. Kegiatan ini dinilai dapat memberikan direct impact (dampak langsung) terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka. Diperkirakan ada sekitar 1.200 wisnus dan 400 wisman datang ke Bangka untuk menyaksikan kegiatan ini. Kedatangan wisatawan tersebut dapat menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata di Kabupaten Bangka dan Bangka Belitung pada umumnya.

“Ke depan pariwisata Babel sangat cerah. Ini terkait ditetapkannya kawasan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang dipersiapkan sebagai satu dari sepuluh Bali baru,” ungkapnya saat peluncuran (launching) Sungailiat Triathlon 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Rute triathlon kali ini melewati sejumlah objek wisata unggulan antara lain, Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir dan Pantai Temberan.  Ada beberapa kategori kegiatan yakni, long distance (jarak jauh), standart dan standart relay serta katagori sprint.

Secara resmi Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu dari dua daerah di Indonesia yang menyelenggarakan kategori long distance dengan jarak 1,9 km swim (renang), 90 km bike (sepeda), 21,1 km run (lari). Untuk kategori standart dan standart relay peserta menempuh 1,5 km swim, 40 km bike, 10 km run. Sedangkan kategori sprint, berjarak tempuh 750 m swim, 20 km bike, 5 km run.

Ajang wisata olahraga yang memadukan renang, bersepeda dan marathon ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Bangka. Sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Sehingga tercapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta wisatawan nusantara (wisnus) di tanah air tahun ini.

Wisatawan berkunjung ke Bangka untuk menyaksikan ajang Sungailiat Triathlon terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2014 tercatat sebanyak 400 wisnus dan 75 wisman, tahun 2015 meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman, sedangkan tahun ini ditargetkan 1.200 wisnus dan 400 wisman.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan mendukung kegiatan ini di antaranya, pertunjukan kesenian daerah, acara nganggung atau Sepintu Sedulang atau makan bersama masyarakat Bangka, bazaar handicraft, dan festival kuliner khas Bangka. Sejak dibuka tanggal 2 Februari hingga per 30 Maret 2016, promosi di website www.sungailiattriathlon.com telah dilihat sebanyak 12.730 oleh pengunjung dari 34 negara.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, Sungailiat Triathlon dimulai sejak tahun 2013. Penyelenggaraan keempat tahun ini bertepatan perayaan HUT ke 250 Kota Sungailiat. Selain itu untuk menjaga momentum meningkatnya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Indonesia, khususnya Bangka Belitung pasca Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 9 Maret 2016 lalu.

"Kami menyelenggarakan event-event besar, baik skala nasional maupun internasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kami juga akan mengenalkan dan mempromosikan pariwisata dan budaya daerah agar masyarakat memahami budaya kita," ungkapnya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra