2016, Basel Lokasi Pelaksanaan HUT Babel

Muntok – Tiga tahun belakangan, pelaksanaan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu mengambil tempat berbeda. Tahun 2014, puncak perayaan di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Tahun ini digelar di Lapangan Gelora Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Rencananya pelaksanaan HUT ke 16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kabupaten Bangka Selatan.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, perayaan puncak HUT provinsi akan berpindah dari satu kabupaten ke kabupaten lain. Ini dilakukan agar semua masyarakat Bangka Belitung merasakan kegembiraan perayaan hari jadi provinsi. Pembentukan provinsi ini membutuhkan waktu panjang dan masyarakat terlibat mendukung lahirnya provinsi.

Sebagaimana diketahui, untuk memperjuangkan Bangka Belitung menjadi provinsi telah dilakukan sejak tahun 1955. Kemudian perjuangan dilanjutkan pada tahun 1990. Ketika itu perjuangan hampir berhasil, namun masa orde baru menghambat keinginan masyarakat Bangka Belitung. Selain itu, Sumatera Selatan belum merelakan Bangka Belitung memisahkan diri.

Perjuangan tak berhenti. Sebab keinginan masyarakat untuk kembali mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung muncul di tahun 1998. Perjuangan kali ini membuahkan hasil setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tertanggal 21 November 2000.

“Pembentukan provinsi ini tidak mudah. Untuk itu kita harus bersama-sama membangun provinsi ini sehingga bisa bersaing dengan provinsi lain. Tahun depan pelaksanaan perayaan di Kabupaten Bangka Selatan,” tegas Gubernur saat resepsi perayaan HUT ke 15 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Lapangan Gelora, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Senin malam (23/11/2015).

Kali ini terdapat lima usulan mantan presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Muchtar Motong perwakilan mantan presidium secara lantang membacakan usulan di panggung resepsi. Lima usulan tersebut di antaranya, pertama, segera merealisasikan pembangunan monumen perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung.

Kedua, membentuk tim penyusunan buku pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari kalangan independen dan profesional untuk menghindari konflik kepentingan dengan surat keputusan gubernur. Ketiga, memfasilitasi pembentukan forum komunikasi dan koordinasi pejuang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikukuhkan dengan surat keputusan gubernur.

Keempat, penetapan hari perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui peraturan daerah. Sedangkan usulan kelima, untuk mengenang jasa para pejuang pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar melaksanakan hening cipta pada acara rapat paripurna khusus DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setiap tanggal 21 November.

Sejumlah usulan ini mendapatkan tanggapan positif dari Gubernur. Menurutnya, monumen perjuangan perlu dibuat sehingga generasi berikutnya mengetahui sejarah pembentukan provinsi. Selain itu juga perlu ada buku mengenai perjalanan pembentukan provinsi. Kalau sekarang cerita masih bisa didapatkan dari saksi sejarah, namun tidak untuk selanjutnya.

“Itu penting, sehingga masyarakat tidak membuat persepsi masing-masing. Hal ini juga untuk mengindari terjadi polemik dikemudian hari. Untuk itu perlu ada sumber resmi dan data sebenarnya,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tim media center
Fotografer: 
Tim mc