2019 Target 9 Juta Sertifikat

Pangkalan Baru - Presiden  Jokowi menargetkan tahun ini bisa menerbitkan 9 juta sertifikat. Di tahun 2017 targetnya mengeluarkan 5 juta sertifikat, dan realisasinya 5,4 juta sertifikat.
 
Sedangkan di tahun 2018 target yang diberikan oleh Jokowi adalah sebesar 7 juta, dan realisasinya adalah 9,4 juta diseluruh provinsi di Indonesia. Tahun ini presiden menargetkan 9 juta sertifikat keluar.
 
Menurut Jokowi, jumlah bidang tanah di seluruh tanah air ada 126 juta sedangkan yang bersertifikat baru 46 juta. Berarti masih ada sisa 80 juta sertifikat yang belum dibagikan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, sejak 2016 Ia menginstruksikan kepada Menteri BPN untuk lebih banyak lagi menerbitkan sertifikat tanah.
 
“ Saya sudah menginstruksikan langsung Menteri BPN untuk cepat mengeluarkan sertifikat tanah kepada masyarakat, karena masih banyak masyarakat Indonesia hingga saat ini belum memiliki sertifikat tanah, “ ungkapnya saat pembagian sertifikat tanah di Gor Sahabudin, Pangkalan Baru, Kamis (14/3/2019).
 
Ia menjelaskan, setiap kali ia melakukan kunjungan ke seluruh daerah di Indonesia tidak lain yang di ungkapkan oleh sebagian besar masyarakat adalah permasalahan sengketa tanah. Oleh sebab itu, melalui pemberian sertifikat tanah ini Jokowi berharap dapat meminimalisir terjadinya konflik tanah.
 
“ Sertifikat tanah ini harus dilaminating dan difotocopy. Agar jika hilang kalian masih punya arsip. Boleh dijadikan jaminan untuk pinjaman bank, asalkan kegunaannya untuk modal usaha, dan itu harus benar-benar diperhitungkan sesuai dengan kemampuan membayar, “ tegas Jokowi.
 
Lebih jauh Ia juga menegaskan, aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Untuk itu Ia meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Provinsi Bangka Belitung untuk selalu menjaga kerukunan dan persatuan.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci
Fotografer: 
Suci
Editor: 
Fitra