24 Anggota Memperkokoh KIM Keraton Kidul

Pekalongan – Beranggotakan 24 orang, keberadaan KIM Keraton Kidul semakin kokoh. Sejumlah anggota ini saling menguatkan, sehingga segala informasi dapat diserap dan diolah demi kepentingan masyarakat setempat. Tak hanya laki-laki, sebab kaum perempuan pun berperan serta menyebarluaskan informasi.

Munawaroh Anggota KIM Keraton Kidul, Kota Pekalongan mengungkapkan, anggota KIM berasal dari lingkungan kelurahan. Jika laki-laki berkumpul di pos kamling, ibu ibu anggota KIM berkumpul di tempat pengajian. Tempat berkumpul ini dijadikan sebagai sarana bertukar informasi. Banyak hal dapat dibahas, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), BPJS, masalah gizi buruk dan persalinan.

“Kita juga membicarakan tentang manfaat tanaman obat di halaman rumah,” jelasnya saat ditemui Tim Babelprov.go.id, di Pakalongan, Kamis (30/4/2015).

Menurutnya, saat ini KIM Keraton Kidul telah menikmati keuntungan dan peluang dalam bermitra dengan pemerintah. Karena pemerintah secara langsung sudah mengenal KIM, sehingga mudah mendapatkan informasi menguntungkan bagi anggota maupun masyarakat. Sampai saat ini KIM Keraton Kidul telah bermitra dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Perpustakaan.

Jika masyarakat membutuhkan ijazah paket, jelasnya, dapat meminta bantuan Dinas Pendidikan. Untuk mengatasi demam berdarah, masyarakat mendapatkan sosialisasi tentang hidup bersih dan sehat dari Dinas Kesehatan. Sedangkan dari perpustakaan, KIM Keraton Kidul mendapatkan bantuan buku untuk perpustakaan kecil di sekretariat KIM.

Sebenarnya banyak potensi KIM bisa dibina. Ia mengatakan, harus dapat memaksimalkan peran KIM di Bangka Belitung, jangan sampai tidak menyadari arti penting kelompok informasi masyarakat. Untuk melakukan pendekatan perlu menyesuaikan kondisi masyarakat. Misalnya, berkaitan dengan pertanian, bagaimana efisiensi dan efektivitas terkait bidang pertanian.

“Kemudian difasilitasi dengan pemerintah yang berkaitan dengan persoalan pertanian tersebut, seperti dinas pertanian atau kementerian. KIM bisa memfasilitasi hal-hal tersebut,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari