29 Peserta Berkompetisi Di Ajang Tata Rias Pengantin

Pangkalpinang- Sebanyak 29 Peserta Perias Pengantin dari 7 kab/kota mengikuti Lomba Tata Rias Pengantin yang diadakan oleh Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia ( HARPI) Melati wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (6/5/2013) bertempat di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, kegiataan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April.

Adapun Kategori Lomba di bagi atas dua kategori, yaitu Kategori Lomba Tata Rias Pengantin Muslim Berkerudung  dan Kategori Rias Pengantin Gaun Panjang, acara ini juga didukung oleh Dinas Pendidikan Kota Pangkapinang,  Inez Cosmetic, Bank Syariah Mandiri,PT.Timah tbk, TKF, Bolesa, Bombay Textil.  

Ketua HARPI Melati Wilayah Bangka Belitung Hj. Sri Endah Rosmayanti,  menjelaskan bahwa seni merias pengantin merupakan bagian budaya yang harus dilestarikan bersama, seni budaya ini sudah ada sejak zaman nenek moyang,  Perempuan sebagai generasi Kartini saat ini harus bisa berpacu meraih prestasi , “jelasnya.

“Dalam rangka memperingati Hari Kartini,perempuan Indonesia  saat ini harus mandiri dengan tetap berpegang pada budaya bangsa. Pengembangan kreativitas diri merupakan dasar bagi kaum perempuan untuk bisa beremansipasi pada masa sekarang ini. ujarnya.

 “Rias pengantin saat ini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat seiring dengan perkembangannya, menurutnya, seorang perias dituntut untuk bisa berkreasi mengikuti permintaan masyarakat, paduan rias modern saat ini mulai diminati, dengan tidak mengesampingkan nilai adat dan istiadat” tambahnya. “Dengan adanya acara ini, tali silaturahhmi bisa terjalin antar sesama perias pengantin yang ada di Babel ini,  mengingat jumlah perias saat ini sudah banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Peserta juga bisa berbagi pengetahuan mengenai teknik dan kreasi merias, kedepan diharapkan kegiatan ini nantinya bisa menjadi ajang perlombaan merias pengantin di tahun-tahun berikutnya” ungkap Ibu Sri Endah Rosmayanti.

Berdasarkan hasil Pantauan Tim Liputan Media Center Bangka Belitung, tampak Para peserta sangat antusias pada saat mengikuti perlombaan, ini terlihat dari kesiapan mereka, mulai dari model dan peralatan yang akan digunakan, model dari berbagai daerah ini sudah tampak duduk rapi, dengan dandanan dasar yang telah ditentukan oleh panitia, model ini menggenakan busana tradisioal maupun modern sesuai dengan kategori yang akan mereka ikuti.

 Adapun peserta dari Paris Van Java Salon mengusung tema modern,  sedangkan peserta dari Kezia Wedding mengusung tema tradisional dengan busana khas Bangka Belitung.   

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua DPD HARPI Melati Wilayah Provinsi Babel Ibu Hj.Sri Endah Rosmayanti , Ketua Pelaksanan Kegiatan Ibu Lilis Ratna, Perwakilan Harpi Pusat Ibu Mumu serta para tamu undangan lainnya. (Melz/Sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting | Suci Lestari