32 Elemen Siap Sukseskan Kegiatan Haji

Pangkalpinang – Sebanyak 32 elemen di Bangka Belitung saling mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji tahun 2014. Pasalnya pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji menjadi tanggung jawab bersama. Tak hanya itu, ketenangan jamaah menjalankan ibadah di Makkah juga menjadi perhatian panitia pelaksana kegiatan.

"Ini tugas besar, karena kita memberangkatkan tamu Allah SWT. Insya Allah jika kita bekerja sama dengan baik, pelaksanaan ibadah haji tahun 2014 akan lebih baik dari tahun sebelumnya," harap Syafitri Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kemasyarakatan saat Rapat Koordinasi Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji tahun 2014 di Kanwil Kemenag Babel, Senin (8/9/2014).

Semua harus berjalan dengan baik, sehingga jamaah haji dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik. Ia menambahkan, semua komponen sengaja dilibatkan untuk bekerja sama demi menyukseskan pelaksanaan haji 2014. “Mari kita sukseskan keberangkatan dan pemulangan haji tahun 2014. Kita sama-sama saling bekerja sama, dan penuh pengertian dalam melaksanakan tugas ini," sarannya.

Hal senada juga dikatakan Hatamar, Kakanwil Kemenag Babel. Ia mengatakan, pelaksanaan haji tahun 2014 menjadi tanggung jawab seluruh panitia. Semua operasional dan masalah teknis pemberangkatan jamaah harus diperhitungan dengan baik guna menyukseskan pelaksanaan kegiatan.

“Panitia dari kanwil harus sigap dan siap. Karena tanggal 10 September seluruh koper jamaah harus telah diterima. Panitia harus menyortir barang penting dan tidak penting milik jamaah. Barang yang tidak penting bagi jamaah tidak perlu dibawa,” tegasnya.

Sementara Rusli, Kabid Keagaman Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengatakan, rapat ini bertujuan mematangkan pelaksanaan haji agar saat pemberangkatan tanggal 11 dan 13 nanti berjalan dengan baik. Untuk wilayah Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka, Bangka Selatan, pelaksanaan kebarangkatan jamaah dilakukan di kanwil.

“Sedangkan jamaah haji dari Belitung diberangkat dari Bandara Tanjungpandan menuju Palembang,” ungkapnya.

Terdapat 732 jamaah haji dari Babel. Adapunn rincian pemberangkatan sejumlah jamaah tersebut yakni, 612 jamaah diberangkatkan menggunakan maskapai Sriwijaya Air. Sedangkan jamaah lainnya diberangkatkan menggunakan jasa kapal laut Express Bahari dari Pelabuhan Muntok.

Pemberangkatan jamaah haji tanggal 11 nanti, pada penerbangan pertama dari Bandara Depati Amir dan Hananjuddin Tanjungpandan. Rencananya, pelepasan jamaah secara langsung dilakukan Gubernur. Sedangkan keberangkatan selanjutnya yakni tanggal 13, rencananya dilepas Wagub.

“Sedangkan keberangkatan jamaah haji dari Muntok, diserahkan kepada pimpinan daerah setempat. Namun beberapa pejabat dari provinsi akan menghadiri pelepasan jamaah dari Bangka Barat tersebut,” jelasnya.(rf/*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Surianto