36 Peserta Sipencatar Babel Ikuti Tes Kesehatan

PANGKALPINANG - Sebanyak 36 (tiga puluh enam) orang peserta seleksi penerimaan calon taruna/taruni (sipencatar) jalur reguler pola pembibitan dan nonpola pembibitan Kementerian Perhubungan RI tahun 2020 dari Bangka Belitung mengikuti tes kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan yang diselenggarakan di Rumah Sakit Bantuan 02.08.02 atau DKT Jalan Ahmad Yani dan Stadion Depati Amir  Pangkalpinang, Rabu (16/9/20). 

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan sistem “computer assisted test” (CAT) di UPT BKN Pangkalpinang tersebut pada tanggal 22-23 Juli 2020 tersebut diikuti 255 orang peserta dan dinyatakan lulus sebanyak 44 orang peserta. 

Setelah itu dilanjutkan dengan tes kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan yang telah dilakukan dari tanggal 14-16 September 2020, diikuti oleh 44 orang. Namun, pada saat pelaksanan tes kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan hanya diikuti oleh 36 orang peserta dan 8 orang peserta tidak hadir/absen dan dinyatakan gugur untuk mengikuti kegiatan lanjutan.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Babel, Zanuari Anizar menjelaskan, dengan adanya tes kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan yang diikuti oleh para peserta sipencatar tersebut akan menghasilkan calon-calon taruna/taruni yang memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang prima.

“Melalui tes kesehatan, kesehatan jiwa dan kesamaptaan ini dapat menjaring calon taruna/taruni STTD yang memiliki kondisi fisik dan kesehatan prima yang lebih baik dari peserta lainnya,” ungkapnya.  

Sekretaris Dinas Perhubungan Zanuari mengharapkan kepada para peserta agar tetap menjaga stamina yang prima dan kesehatan jiwa dan rohani, sehingga dalam proses ujian yang dihadapi oleh para peserta sipencatar dapat dilalui dengan baik tanpa adanya kendala kesehatan yang dialami.

“Para peserta sipencatar untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga dalam pelaksanaan ujian-ujian selanjutnya dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Akhirnya Sekretaris Dinas Perhubungan Babel tersebut mengutarakan bahwa melalui proses tes kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan dapat mengikuti rangkaian tes lainnya hingga menjadi calon taruna/taruni mewakili Bangka Belitung.  

“Sehubungan dengan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan, pada akhirnya yang terbaik dapat diterima di pola pembibitan Kementerian Perhubungan tahun 2020,“ ungkapnya.

Tahap pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan, kesehatan jiwa, dan kesamaptaan dilakukan langsung oleh personil TNI.

Sumber: 
Dishub
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Listya