40 Stand Ikut Pekan Wisata Expo

Pangkalpinang – Sebanyak 40 stand mengikuti Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair 2016 di Alun-alun Taman Merdeka. Dijadwalkan kegiatan ini berlangsung selama lima hari terhitung tanggal 24 hingga 28 September 2016. Tak hanya pameran, sebab pengunjung juga bisa menyaksikan serangkaian acara seperti pagelaran seni daerah, demo produk, dialog interaktif dan talkshow.

Selain itu, terdapat ajang aneka lomba, fashion show, parade pakaian pengantin, sosialisasi narkoba, permainan, kuis, music of stage, hiburan rakyat dan penampilan artis Yuka Tamada feat Amec Aris (drummer Lyla). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata dan budaya Kota Pangkalpinang.

Peserta kegiatan melibatkan berbagai kalangan di antaranya, masyarakat, pemerintah, stakeholders kepariwisataan dan kebudayaan dalam daerah maupun luar Kota Pangkalpinang. Rivai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyarankan agar kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan.

Salah satu konsen pemerintah, jelasnya, melakukan percepatan pembangunan pariwista seperti yang diamanatkan Presiden Republik Indonesia. Kegiatan ini secara tidak langsung mengajak semua kalangan untuk bergerak dengan segala kapasitas. Pameran seperti ini sangat menguntungkan, karena dapat menampilkan potensi dan keunggulan daerah.

“Dengan adanya kegiatan pameran dapat menampilkan potensi dan keunggulan daerah yang selama ini mungkin kurang terekspos," kata Rivai saat pembukaan Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair 2016, di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2016).

Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair 2016 merupakan agenda tahunan pameran pariwisata, investasi, perdagangan dan industri kreatif. Tahun ini menjadi salah satu rangkaian acara memeriahkan hari jadi ke 259 tahun Kota Pangkalpinang. Kali ini merupakan tahun ke 13 pelaksanaan sejak pertama sekali diselenggarakan tahun 2003 lalu.

Pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan Muhammad Sopian Wakil Walikota Pangkalpinang ditandai pemukulan gong. Ia menjelaskan, persaingan dunia pariwisata semakin ketat. Berbagai kendala kerap dialami pelaku pariwisata. Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku pariwisata memperkenalkan dan memasarkan produk.

“Pelaku pariwisata dapat memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa yang ingin mereka tawarkan kepada khalayak,” jelasnya.

Sumber: 
Disbudpar Babel
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra