47 Peserta Pospenas Babel Siap Tarung

Pangkalpinang - Sebanyak 47 peserta Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VI tahun 2013 dari Bangka Belitung siap tanding. Pelepasan kontingen Bangka Belitung ini secara langsung dilakukan Rustam Effendi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di ruang pertemuan lantai III kantor gubernur, Rabu (19/6/2013).

Sebagaimana diketahui, Provinsi Gorontalo dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Pospenas tahun ini. Dijadwalkan kegiatan tersebut akan berlangsung selama tujuh hari, dimulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2013.

Terdapat beberapa cabang perlombaan diikuti peserta dari Bangka Belitung di antaranya, untuk cabang atletik mengirim 16 atlet, cabang bulu tangkis diikuti dua atlet, masing-masing delapan atlet mengikuti cabang futsal dan cabang senam santri. Selain itu Bangka Belitung juga mengirimkan lima atlet untuk cabang sepak takraw serta 12 orang di cabang perlombaan seni.

Saat melepas kontingen Pospenas Bangka Belitung, Wagub mengatakan, peserta yang bertanding di tingkat nasional merupakan hasil seleksi tingkat provinsi. Peserta yang akan mengikuti perlombaan nantinya diharapkan dapat mengharumkan dan membawa citra baik bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kepada adik-adik yang mendapat kesempatan mewakili Bangka Belitung, selain bertanding hendaknya juga dapat menjadi duta. Jadi bukan hanya memenangkan pertandingan, namun juga harus menunjukan sikap yang baik," harap Wagub.

Salah satu strategi Bangka Belitung melaksanakan pembangunan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dikatakan Wagub, pengembangan sektor pendidikan, seni dan budaya menjadi perhatian serius pemerintah. Sebab ini merupakan salah satu proses pembinaan bagi generasi muda. Dan kegiatan Pospenas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas santri dan santriwati.

Ia menambahkan, pembinaan yang telah dilaksanakan untuk menghadapi Pospenas hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta ketika bertanding di tingkat nasional. Jangan ada perasaan rendah diri, bertandinglah sekuat tenaga. Peserta dari Bangka Belitung harus menunjukan yang terbaik di hadapan peserta dari provinsi lain.

"Tunjukan bahwa kita mampu. Jika di daerah bisa bertanding dengan baik, maka tunjukan hal tersebut di tingkat nasional. Bertandinglah seolah-olah Anda bertanding di kandang sendiri," tegasnya.

Jika bertanding penuh semangat, jelas Wagub, akan dapat menghasilkan yang terbaik pula. Selama berada di Gorontalo peserta harus pandai-pandai membawa diri dan menjaga kesehatan. Tak hanya itu, peserta juga harus terus mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga keinginan dapat diraih.

"Usaha harus disertai dengan doa. Terima kasih kepada pelatih yang telah membimbing peserta Pospenas. Akhir kata saya ucapkan selamat bertanding dan berjuang," ujarnya.(hzr/adits/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari