5512 Rumah Tangga Sasaran Terima Raskintis

Pangkalpinang – Terdata sebanyak 5512 rumah tangga sasaran (RTS) sebagai penerima beras miskin gratis (raskintis) di Pangkalpinang. Launcing pendistibusian raskintis diberikan kepada 159 RTS di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Pangkalbalam Pangkalpinang, Kamis (25/6/2015).

Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, jatah raskintis setiap RTS per bulan sebanyak 15 kg. Pemberian beras tersebut terhitung Februari hingga Desember nanti. Diharapkan beras yang disalurkan pemerintah melalui Bulog benar-benar digunakan masyarakat.

“Jangan disalahgunakan dan pembagian harus sesuai data di kelurahan,” tegas Wagub saat launching raskintis 2015, di Kantor Kelurahan Rejosari, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Kamis (25/6/2015). Lima RTS secara langsung menerima beras dari Wagub.

Wagub menyarankan agar masyarakat penerima raskintis bersyukur. Pendistribusian beras harus mampu menjangkau keluarga kurang mampu. Pembagian raskintis tahun ini merupakan kelanjutan program pemerintah pusat. Sebab pemerintah provinsi hanya mendukung dengan memberikan raskin secara gratis.

“Efektivitas program raskintis hendaknya dapat membantu masyarakat. Beras yang diberikan harus berkualitas,” tegasnya.

Lebih jauh Wagub menjelasnya, karena program ini dilakukan setiap tahun, diharapkan jumlah penerima program raskin di tahun depan semakin berkurang. Tugas pemerintah mensejahterakan masyarakat, selain itu masyarakat harus sehat, mempunyai pendidikan dan iman (SPI).

“Jika SPI telah dijalankan, masyarakat sejahtera,” harapnya.

Sementara Didit Srigusjaya Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pemerintah pusat tidak pernah mengatakan program raskin ini akan dihentikan. Terbukti, hari ini raskin kembali didistribusikan kepada masyarakat. Semua beras yang diterima masyarakat kualitas baik.

"Pemerintah tidak pernah berniat menghapus program raskin, melainkan adanya peningkatan kualitas dari beras raskin," jelasnya.

Selama ini sering terdengar ada beras tak layak konsumsi. Ia menegaskan, untuk Pangkalpinang khususnya dan di Bangka Belitung umumnya, masyarakat mendapatkan beras dengan kualitas bagus.

 “Walikota sudah melihat langsung kualitas berasnya,” kata Didit di depan Walikota Pangkalpinang.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Editor: 
Huzari