6 Tahun Berdiri, Pesantren At-Toybah Alami Kemajuan Pesat

MERAWANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menilai Pondok Pesantren At-Toybah Balun Ijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka mengalami kemajuan pesat, walaupun baru berusia 6 tahun, pondok pesantren ini mampu mencetak para santri terampil menggunakan bahasa asing yaitu, bahasa Inggris dan Arab. 

Hal itu ditegaskan Gubernur Erzaldi ketika meresmikan gedung asrama para santri pondok pesantren At-Toybah, Senin (29/03/21). 

"Sungguh luar biasa Ustaz, ini tidak main-main, pesantren baru berumur 6 tahun sukses luar biasa. Para pengurus membuat orang tua semakin yakin untuk menyekolahkan anaknya di sini, dan Saya akan sangat mendukung pesantren ini,” ungkapnya. 

Karena masih baru, 2021 akan menjadi tahun pertama pesantren At-Toybah meluluskan santri. Rencananya, kelulusan akan dilaksanakan usai perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang. 

Selain memberikan mata pelajaran ilmu agama Islam, Pesantren At-Toybah juga memberikan mata pelajaran ilmu pengetahuan umum, sehingga para santri mampu menguasai ilmu agama dan pengetahuan umum. 

"Kita wajib belajar ilmu agama, tetapi ilmu pengetahuan umum juga perlu karena kita ini hidup di dunia, supaya kita ini selamat dunia akhirat,” ungkapnya. 

Oleh sebab itu, pemimpin yang kerap disapa Bang ER sangat senang dengan pesantren ini, karena kurikulumnya sesuai perkembangan zaman. Harapannya,  para santri dapat memanfaatkan  ilmu yang diperoleh dari pondok pesantren, serta harus di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Kita tetap dukung pesantren ini untuk lebih maju,” jelasnya. 

Ustaz Ibrahim Kosim sebagai pimpinan pondok pesantren At - Toybah sangat senang dengan kehadiran Gubernur Erzaldi dan mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemprov. Babel, juga bantuan dari Gubernur Erzaldi secara pribadi kepada pesantren yang ia pimpin.

"Alhamdulillah, kemarin pembangunan tahap pertama gedung telah selesai dengan menelan dana 2 milyar rupiah dalam waktu 1 tahun. Untuk pembangunan tahap kedua, kami minta kesediaan Pak Gubernur untuk melakukan pembangunan gedung asrama pondok pesantren,” pungkasnya. 

Berdasarkan info dari pihak pesantren, tahun lalu Pemprov. Babel beserta bantuan pribadi Gubernur Erzaldi, berhasil menyerahkan dana sebanyak Rp500.000.000,-. Selain itu, Gubernur Erzaldi juga membantu Rp40.000.000,- guna membiayai pemberangkatan para santri ke Negara Yaman. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan A. M
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Natasya