732 Jamaah Haji Babel Siap Diberangkatkan

Pangkalpinang - Persiapan pemberangkatan 732 jamaah haji Bangka Belitung sudah matang. Sedikitnya dua kloter dipersiapkan untuk memberangkatkan jamaah haji tersebut. Sebelum diberangkatkan ke Makkah, jamaah haji Babel terlebih dahulu menuju embarkasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Terdapat tiga pemberangkatan dari Babel ke embarkasi Palembang di antaranya, melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bandara Hananjuddin Belitung dan Pelabuhan Muntok Bangka Barat. Pemberangkatan jemaah selama dua hari, yakni tanggal 11 dan 13 September 2014.

Marwan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, terdapat dua kloter pemberangkatan jemaah haji Bangka Belitung yaitu kloter delapan dan kloter sembilan. Jemaah yang masuk kloter delapan berasal dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat.

"Kloter delapan berangkat tanggal 11 September 2014. Sedangkan pemberangkatan kloter sembilan tanggal 13 September nanti," jelas Marwan saat jumpa pers di Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (5/9/2014).

Untuk kloter delapan, jelasnya, ada 120 jamaah asal Kabupaten Bangka diberangkatkan ke Palembang melalui Pelabuhan Muntok. Sedangkan untuk kloter sembilan merupakan jemaah haji asal Pangkalpinang, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

Berbicara mengenai jamaah haji kloter sembilan, ia menjelaskan, diberangkatkan tanggal 13 September 2014. Kloter ini merupakan jamaah dari Pangkalpinang, Belitung dan Belitung Timur. Pada hari tersebut sekitar pukul 09.20 WIB diberangkatkan jamaah dari Pangkalpinang berjumlah 133 orang ditambah dua orang pendamping.

Selanjutnya sekitar pukul 12.00 WIB, menyusul diberangkatkan jamaah dari Belitung dan Belitung Timur sebanyak 110 jamaah. Namun sebelumnya, sekitar pukul 11.50 WIB ada pemberangkatan 36 jamaah dari Pangkalpinang. Setelah sampai di Makkah, jamaah akan menempati dua maktab atau pemondokan haji.

"Ada jamaah haji dari Palembang yang bergabung di maktab Bangka Belitung, ini dikarenakan masih ada kelebihan kuota. Panitia pemberangkatan haji telah mempersiapkan semuanya, mulai dari persiapan teknis hingga non teknis. Tanggal 8 nanti akan ada rapat final dengan seluruh panitia yang terlibat," tandasnya.(hzr/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari