870 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Keranji Baskara Bakti

Desa Baskara Bakti- Sebanyak 870 bibit mangrove ditanam di Pantai Keranji Desa Baskara Bakti, Kabupaten Bangka Tengah. Penanaman bibit mangrove sebanyak 870 ini merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan hari sumpah pemuda yang ke 87, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kali kedua dimana tahun sebelumnya telah dilakukan penanaman bibit mangrove di pantai keranji ini, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Babel, Wahyu Gusna pada saat pelaksanaan penanaman bibit di Pantai Keranji Desa Baskara Bakti, Kecamatan Bangka Tengah, Rabu (28/10/2015).

Wahyu Gusna, meminta kepada masyarakat setempat untuk sama-sama menjaga kelestarian pantai di desa ini, mengingat desa ini masih sering melakukan aktifitas penambangan liar di wilayah pesisir pantai.

“Penanaman ini merupakan penanaman kedua dimana tahun sebelumnya telah kita lakukan penanaman bibit mangrove, tetapi penghijauan yang kita lakukan kemarin tidak berhasil dikarenakan banyak yang mati, untuk ini warga desa setempat diharapkan dapat membantu untuk menjaga dan merawat bibit yang telah di tanam," ungkapnya

Bibit mangrove ini diberikan secara langsung oleh Bangka Botanical Garden (BBG) sebanyak 870 bibit, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penghijauan untuk mengantisipasi  abrasi.

Acara ini dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan tema Aksi Nyata Pemuda Indonesia Satu Untuk Bumi, dengan diawali dengan upacara pembukaan dan penanaman pohon secara simbolis oleh Sekretaris KNPI, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan dari Korem Garuda Jaya 045, Perwakilan dari Pemkab Bangka Tengah dan Kepala Dusun Desa Baskara Bakti.

Menurut Wahyu penanaman bibit mangrove ini merupakan aksi nyata pemuda indonesia untuk bumi dikarenakan kondisi pantai yang sangat memprihatinkan, sehingga perlu penanganan khusus untuk mencegah abrasi pantai yang nantainya akan merugikan warga sekitar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Zuardi Kabid Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Zuardi berharap Masyarakat dan Pemuda dapat sama sama menjaga kelestarian Pantai Keranji, dikarenakan jika kita menjaga pantai ini maka nantainya kita akan sama-sama menikmati hasilnya bersama.

“Dengan kondisi pantai yang baik pasti akan mempengaruhi kondisi perekonomian dimana masyarakat sekitar dapat menangkap ikan, udang dan ketam” ungkap Zuardi.

Menyinggung masalah perekonomian di daerah desa baskara bakti, Kepala Dusun (Kadus) Desa Baskara Bakti Umar mengungkapakan bahwa masyarakat sekitar selalu menggantungkan perekonomiannya dari laut, dimana mereka saat ini merasa terganggu dengan aktivitas tambang liar yang dilakukan di pantai Keranji ini.

“Jelas hasil laut pun terpengaruh dengan tambang liar yang dilakukan di pantai, sekarang mencari ikan, udang dan ketam sudah sangat sulit. Umar berharap dengan adanya penanam bibit magrove ini mampu mengembalikan kondisi pantai seperti dahulu," ujar Umar

Zulhasan Perwakilan dari Pemkab Bangka Tengah mengungkapkan bahwa Pemkab Bangka Tengah menyambut baik kegiatan ini, diharapkan kedepannya  dapat bekerja sama sebagai panitia dalam mensukseskan acara peringatan Sumpah Pemuda ini, tidak hanya Kerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi saja tetapi juga melibatkan kerjasama dengan Pemda Kabuapaten Bangka Tengah.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari