97 Angkatan Kerja Muda Ikuti Uji Kompetensi Berbasis IT


Bangka tengah -   Sebanyak 97 angkatan kerja muda peserta uji kompetensi berbasis IT hari ini mengikuti sesi uji praktek bidang IT.  Uji praktek diantaranya  mencakup bidang junior Multimedia, junior Networking, basic computer assembly, practical office advance dan grafika fundamental.
Maya salah satu tim assesor  uji komptensi menjelaskan bahwa peserta yang akan mengikuti uji praktek  IT hari ini, sebelumnya telah diberikan simulasi. 
“Peserta yang mengikuti uji kompetensi hari ini senin kemarin sebelumnya sudah dibekali simulasi materi dimana mereka kami minta langsung praktek dan mereka bisa bisa langsung menanyakan bagian yang tidak mereka mengerti kepada tim assesor yang membimbing mereka," ungkap Maya.
Materi simulasi yang mereka praktekan menurut Maya seperti cluster fundamental grafika, dimana peserta praktek secara langsung mengenai teknik IPS cara cetak flyer 200, membuat garis potong untuk cetak flyer ukuran 5x4 dan metode pengaturan warna dalam.
Kholil  peserta lulusan diploma yang memilih uji kompetensi bidang cluster fundamental grafika, kepada tim babelprov.go.id menceritakan bahwa  materi simulasi yang diberikan dalam kegiatan uji kompetensi hari ini sangat sesuai dengan persyaratan  dunia kerja bidang IT khususnya industri percetakan.
Sementara itu, Munir seorang lulusan SMKN 2 Pangkalpinang yang memilih uji kompetensi  cluster junior Networking menceritakan selama proses  simulasi  yang ia mendapatkan pemahaman lebih terkait   teknik cara merawat CPU, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam perakitan CPU, pengenalan komponen-komponen CPU beserta fungsinya, jenis-jenis RAM dan outpun dan input pada PC secara detail. 
Sementara itu, berdasarkan pantauan tim babelprov.go.id dari data tim LPS TIK indonesia dari 97 peserta yang mengikuti ujian kompetensi terbagi dalam beberapa program yang akan diuji diantaranya untuk junior multimedia diikuti oleh 22 peserta, uji kompetens basic computer asembly diikuti  23 peserta, practical office advance 18 peserta, junior networking 19 peserta dan grafika fundamental 15 peserta.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani