Afkab 2 Bangka Juara Futsal U-23 Babel Sport Games 2021

PANGKALPINANG - Babel Sport Games 2021 telah usai. Seluruh cabang olahraga (cabor) seperti tenis, bulu tangkis, voli dan sepak bola U-40 telah menyelesaikan kejuaraannya masing-masing, termasuk futsal U-23, yang berakhir, Sabtu (30/10/21) lalu. 

Dimainkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Sahabuddin Sport Center Sahabuddin, partai puncak atau babak final cabor futsal U-23 mempertemukan Tim Afkab 2 Bangka vs Rental FC. Afkab 2 Bangka dinyatakan sebagai juara pada kejuaraan tersebut. 

Rental FC harus mengakui keunggulan rivalnya, dan merelakan gelar juara kepada Afkab 2 Bangka setelah kedua tim menjalani babak adu penalti, karena selama 2x20 menit bermain, papan skor menunjukkan hasil imbang 2-2. Rental FC kalah 2-3. 

Jalannya Pertandingan 

Tim Afkab 2 Bangka sudah menunjukan dominasinya sejak peluit pertama dibunyikan oleh wasit. Tempo cepat pun diperagakan oleh para pemain Afkab 2, dan serangan demi serangan dibangun untuk mencuri gol. Namun, upaya tersebut selalu gagal menjebol gawang Rental FC. 

Bahkan, Afkab 2 nyaris kecolongan ketika tim keasyikan menyerang, Rental FC melancarakan serangan balik. Beruntung, serangan tersebut tidak mampu dimanfaatkan pemain Rental FC bernomor punggung 86. Padahal, gawang telah ditinggalkan kiper yang keluar dari sarangnya. 

Bukannya memecahkan kebuntuan, Afkab 2 Bangka justru dikejutkan dengan gol yang diciptakan Bagas, lima menit menjelang bubaran. Pemain bernomor punggung 88 itu mampu memanfaatkan serangan balik yang dibangun dari lini pertahanan tim. 

Rental FC bahkan berhasil menggandakan keunggulannya di menit ke-19, melalui sepakan Zamhari memanfaatkan bola muntah yang gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Afkab. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama selesai. 

Di babak kedua, Afkab 2 Bangka berinisiatif untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya, Rahmat Danu memperkecil ketertinggalan di menit ke-6. Konsentrasi Rental FC akhirnya terpecah dengan serangan-serangan yang dilancarkan Afkab 2 yang bertekad untuk menyamakan kedudukan. 

Gol yang ditunggu-tunggu lahir dari kaki Fadil Rahmat (15'), memanfaatkan umpan manis rekannya, dan mengubah skor 2-2 yang bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Babak extra time pun dijalani selama 2x5 menit. Namun, tidak ada lagi gol yang tercipta, sehingga memaksa final diakhiri dengan adu tos-tosan. 

Pada babak inilah, Afkab 2 Bangka terlihat lebih siap. Pemain-pemain yang ditunjuk sebagai algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Afkab 2 Bangka akhirnya berhak membawa pulang trofi beserta uang pembinaan sebesar Rp7.500.000, sedangkan Rental FC membawa hadiah Rp5.000.000. 

Daftar pemenang Cabor Futsal U-23 Babel Sport Games 2021 : 

1. Askab 2 Bangka
2. Rental FC
3. Dispora A dan Pinang FC (Juara bersama) 
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Caturangga
Fotografer: 
Disparbudkepora Babel
Editor: 
Lulus