Agustus 2015, Kelompok Bahan Makanan Dominan Pengaruhi Inflasi Di Babel


Pangkalpinang  - Agustus 2015, Kelompok pengeluaran bahan makanan cukup dominan memberikan andil inflasi di Kota Pangkalpinang. Dimana bulan Agustus ini kota Pangkalpinang mengalami inflasi sebesar 0,58 persen.

"Kelompok bahan makanan menyumbang inflasi sebesar 0,54 persen di Kota Pangkalpinang pada bulan Agustus ini," kata Herum Fajarwati Kepala BPS Prov Kep Babel saat jumpa pers di Ruang Pertemuan Kantor BPS Babel, Selasa (1/09).

Herum menjelaskan,  dari kelompok bahan makanan, komoditas ikan kerisi menyumbang sebesar 0,50 persen untuk inflasi Kota Pangkalpinang. Sedangkan secara keseluruhan untuk bahan makanan sendiri mengalami inflasi sebesar 2,08 persen.

"Namun, kelompok yang mengalami inflasi tertinggi yaitu kelompok Pendidikan, rekreasi dan olah raga. Hal ini dikarenakan pada bulan Agustus merupakan Tahun Ajaran Baru," ungkap Herum.

Komponen inti pada Agustus 2015 memberikan andil inflasi sebesar 1,08 persen. Sementara dua komponen lainnya yakni komponen bergejolak dan komponen yang harganya diatur pemerintah mengalami deflasi masing-masing sebesar 0,02 persen dan 0,48 persen.

Sedangkan komoditas terbesar yang memberikan andil deflasi adalah komoditas angkutan udara. Sedangkan untuk menurut kelompok, Herum menjelaskan bahwa kelompok tranportasi, komunikasi, dan jasa keuangan menjadi kelompok penyumbang terbesar angka deflasi sebesar -0,50 persen pada Agustus ini.

Hal yang sama juga terjadi di Kota Tanjungpandan. Herum mengatakan Kota Tanjungpandan juga mengalami inflasi sebesar 2, 29 persen dengan kelompok bahan makanan memberikan andil inflasi sebesar 1,87 persen. Dimana komoditas daging ayam menunjukan andil inflasi sebesar 0,57 persen.

"Untuk komoditas angkutan udara mengalami deflasi sebesar -0,08 persen. Dan deflasi juga terkadi pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar -0,04 persen," jelas Herum.

Untuk angka inflasi tahun kalender kedua Kota di Babel ini, Herum mengatakan inflasi tahun kalendernya yaitu Januari  hingga Agustus 2015 mencapai 3,46 persen untuk kota Pangkalpinang dan 1,06 persen untuk Tanjungpandan. 

"Sedangkan Year on Year Inflasinya mencapai 7,93 persen untuk kota Pangkalpinang dan 5,72 persen untuk Tanjungpandan," jelas Herum.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi