Aktivitas Bongkar Muat Bergeser ke Tanjung Batu

Tanjung pandan – Segera lakukan kegiatan di Pelabuhan Tanjung Batu. Aktivitas bongkar muat angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Pandan digeser ke Pelabuhan Tanjung Batu. Selain bongkar muat, juga harus ada pengisian air atau BBM kapal.

Demikian dikatakan Joko Widodo Presiden RI saat meresmikan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu, di Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Sabtu (20/6/2015).

"Saya sudah perintahkan Menteri Perhubungan agar bongkar muat kontainer digeser ke sini. Pengisian BBM dan air juga ke sini, sehingga pelabuhan seluas 100 hektare ini bisa bermanfaat," jelas Jokowi.

Setelah beroperasi, selanjutnya Pelabuhan Tanjung Batu diperluas. Jokowi berharap kapal-kapal yang lebih besar bisa bersandar. Mengenai kawasan industri seluas 1400 hektare, telah memerintahkan Menko Bidang Perekonomian dan kepala BKPM untuk mendorong investasi masuk ke Belitung secepat-cepatnya.

"Enam bulan lagi saya ke sini, dan ini harusnya sudah mulai berubah. Sudah mulai ada kegiatan bongkar muat, pengisian air atau BBM. Untuk masalah listrik, pihak swasta akan menyiapkan diesel," tegasnya.

Menyinggung masalah pertimahan, Jokowi mengatakan, sudah mengetahui permasalahannya dan harus meninjau langsung agar bisa menemukan jalan keluar. Sedangkan permasalahan listrik, tidak hanya di Bangka Belitung sering mengalami pemadaman. Sebab persoalan listrik juga menjadi masalah bagi provinsi lain.

"Listrik itu problem besar, yang harus kita kejar 35.000 MW. Tidak hanya di provinsi Bangka Belitung saja, melainkan hampir di semua provinsi," jelas Jokowi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari