Amanat Mendagri Dalam Peringatan HUT Satpol PP Ke-63

Pangkalpinang -  Amanat yang berisikan himbauan dan ajakan untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas  agar lebih professional, kompeten dan berintergritas tinggi kepada seluruh satuan Pol PP dan Limnas pada peringatan hari jadi ke 63 Satpol PP dan hari jadi ke 51 Sat Limas disampaikan menteri dalam negeri, Gamawan Fauzi,  dalam amanatnya yang dibacakan oleh sekretaris daerah kepulauan Bangka Belitung, Imam Mardi Nugroho pada apel pagi senin 06/5  di halaman kantor gubernur kepulauan Bangka Belitung, air itam.

Melalui tema satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Konsisten Menjaga Citra dan Wibawa Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, menteri dalam negeri, tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi Negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang pada saatnya nanti dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan,ungkap Sesda, Imam Mardi Nugroho dalam membacakan amanat Mendagri RI.

Dalam amanatnya, mendagri mengungkapkan  satu tugas pokok Satpol PP dan Linmas dalam membantu pelaksanaan tugas wajib pemerintah pusat di bidang keamanan – sekaligus sebagai dampak dari implementasi atas asas desentralisasi - adalah dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, ungkapnya.

“ Seperti kita ketahui bahwa ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, termasuk di dalamnya bidang perlindungan masyarakat adalah merupakan urusan wajib yang telah diserahkan ke daerah. Artinya adalah bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mempunyai peran yang sangat dominan dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat melalui penegakkan peraturan daerah, termasuk di dalamnya bidang perlindungan masyarakat, ungkap mendagri.

Selain menyampaikan himbauannya, pernyataan dukungan anggaran dalam rangka mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas kelembagaan juga sumber daya satpol PP - selaku Pembina umum satpol pp -  juga disampaikan mendagri dalam amanat.

 “ sebelum Saya akhiri amanat ini, ingin Saya tambahkan bahwa sebagai Pembina Umum, tahun 2013 ini melalui dana dekonsentrasi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pencitraan Satpol. PP telah dialokasikan anggaran untuk 29 (dua puluh Sembilan) Provinsi sebesar Rp. 13.800.000,- (tiga belas milyar delapan ratus ribu rupiah).

Seperti tahun sebelumnya, Saya berharap melalui kegiatan dana dekonsentrasi tahun ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kelembagaan juga sumber daya manusia Satpol. PP yang dibutuhkan untuk menunjang tugas pokok dan fungsinya” ungkap mendagri. (sm/Tmc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
sm