Angkatan Laut dan Babel Punya Ikatan Batin

Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan angkatan laut mempunyai ikatan batin sangat kuat. Pasalnya sebagian besar wilayah Babel merupakan kawasan perairan laut. Terdapat sekitar 750 pulau berada di sekitar Pulau Bangka dan Pulau Belitung membutuhkan pengamanan. Tentunya angkatan laut mempunyai peran menjaga sejumlah di wilayah ini.

“Saya berharap banyak kepada kawan-kawan untuk menjaga potensi kelautan yang sangat kaya ini," ujar Syahrudin Sekda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menemui 30 anggota Forum Strategi II Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Anggkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke 53 Tahun Pelajaran 2015, di lantai III kantor Gubernur, Senin (4/5/2015).

Sejumlah siswa tersebut direncanakan melakukan kuliah kerja nyata di Pangkalpinang selama enam hari ke depan. Lebih jauh Sekda menjelaskan, batas terluar pulau dari wilayah Bangka Belitung merupakan beranda depan, dan tentunya harus dibangun dan dijaga. Dari 750 pulau di Bangka Belitung, terdapat sekitar 481 pulau sudah mempunya nama. Sedangkan 269 pulau sisanya belum ada nama.

Banyak potensi sumber daya alam laut Bangka Belitung. Ia menambahkan, sumber daya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat. Batas wilayah merupakan hal yang harus diperhatikan, mengingat masih banyak pulau belum memiliki nama. Kerja sama pemerintah dengan angkatan laut tidak dapat dipisahkan.

“Pemerintah dan angkatan laut bersinergi dalam menjaga penyelenģgaraan pertahanan nasional,” tegasnya.

Pemanfaatan sumber daya alam laut masih belum maksimal. Menurut Sekda, masih banyak kapal negara asing melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut Indonesia. Namun dengan meningkatnya pengamanan laut serta kebijakan menenggelamkan kapal penangkap ikan ilegal diharapkan tidak lagi terjadi pencurian hasil sumber daya alam laut.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya dan Indonesia secara umum sangat kaya. Ia mengatakan, banyak potensi alam laut harus dijaga. Oleh sebab itu, keberadaan kawan-kawan angkatan laut sebuah kepercayaan. Sebagaimana diketahui, sudah banyak kapal asing ditenggelamkan karena melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

“Diharapkan kebijakan ini bisa menjadi efek jera bagi nelayan negara tetangga yang melakukan ilegal fishing. Mari kita jaga kewibawaan pertahanan kelautan kita," lanjutnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Huzari