Anisa-Aleo Wakili Babel di Ajang Duta Wisata Nasional

PANGKALAN BARU - Annisa Rohmah asal Kota Pangkalpinang dan Aleo Saputra dari Kabupaten Bangka terpilih mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada ajang Pemilihan Duta Wisata Nasional 2014 yang akan dilaksanakan di Provinsi Riau, 6 Desember mendatang.

Keduanya berhasil menyisihkan 13 pasang bujang dan dayang lainnya dari kabupaten/kota pada Malam Grand Final Duta Wisata Babel 2014 di Santika Hotel Bangka, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Jum'at (8/11) malam.

Ajang bergengsi diprakarsai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berakhir menjelang tengah malam itu, dihadiri Putri Pariwisata Indonesia Nabilla Shabrina. Nabilla merupakan salah satu dewan juri bersama Adi Pratama (ketua), Rustian Al Ansori, MB Soedjono Adi dan Medyharto. Diantara tamu undangan, terlihat putra-putri dari Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan yang merupakan duta pemuda.

Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani didaulat untuk memasangkan selempang sekaligus menyerahkan tropi kepada Anisa dan Aleo, usai nama keduanya disebut sebagai Duta Wisata Babel 2014.

Sebelumnya Wagub Hidayat Arsani dalam sambutannya berpesan untuk memberikan perhatian kepada mereka yang memiliki tugas mengharumkan nama daerah. Wujud perhatian tersebut tidak hanya berupa materi, melainkan dapat mengawal dan mendukung mereka secara moral.

"Ini tugas dan tanggung jawab kita setelah mereka juara, karena mereka adalah asset untuk memajukan Bangka Belitung di sektor pariwisata," kata Wagub Hidayat.

Menurutnya, selama ini terkesan mereka yang membawa nama daerah kurang mendapat perhatian khusus termasuk pembinaan. Sehingga setelah tugas dan tanggung jawabnya sebagai duta daerah berakhir, mereka seakan kehilangan perhatian. Kondisi ini semestinya dapat dipahami dengan memberikan semacam apreasiasi dari pemerintah daerah.

"Mereka ini terpilih untuk memasarkan potensi pariwisata kita, baik di dalam maupun di luar negeri. Kita semua berharap Bujang Dayang Duta Wisata Babel ini bisa meraih prestasi di ajang nasional Desember nanti," kata Wakil Gubernur Hidayat Arsani.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung KA Tajuddin menjelaskan kegiatan pemilihan duta wisata merupakan ujung tombak promosi destinasi wisata. Karena itu proses pemilihan melalui dewan juri sangat selektif. Kegiatan yang dimulai sejak 4 November 2014 diikuti 14 pasang peserta yang terdiri dari bujang dan dayang dari setiap kabupaten/kota. Mereka dinilai sejak memasuki masa karantina. Dari 28 nominator akan diseleksi hingga tersisa lima peserta. Selanjutnya kelima peserta dipilih kembali dan menyisakan dua peserta untuk memperebutkan posisi pertama dan runner-up.

Dijelaskan, keberadaan duta wisata akan sangat membantu pemerintah dalam memperkenalkan daerah sekaligus potensi wisata yang dimilikinya. Meskipun Bangka Belitung mulai dikenal luas, namun tugas yang diemban duta wisata tidaklah ringan. Kemampuan dan wawasan mengenal daerahnya secara mendalam menjadi salah satu faktor yang harus dimiliki dalam mengemban misinya.

Mantan Kepala Diskominfo Babel ini menyebutkan, Provinsi Bali yang selalu dikunjungi wisatawan saja masih terus melakukan promosi. Tercatat pada tahun 2013 lalu, visitor ke Pulau Dewata mencapai dua juta lebih wisatawan mancanegara. Sementara Babel hanya dikunjungi dua ribu wisman.

"Dampak dari kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara itu mendukung pergerakan ekonomi masyarakat. Jika dalam setiap kali kunjungan turis asing membelanjakan uangnya Rp 10 juta dan wisatawan domestik Rp 2 juta, maka akan terjadi perputaran uang dari sektor pariwisata di daerah ini," sebut Tajuddin.

Dia menambahkan, potensi pariwisata yang dimiliki Babel tidak kalah dengan provinsi lainnya, termasuk Bali. Namun pengenalan secara luas dan pengelolaan sumberdayanya harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan banyak pihak. Terutama mereka yang terlibat langsung sebagai pelaku usaha pariwisata. (ism-tim mc)

 

Nama pemenang tiap kategori dalam Pemilihan Duta Wisata Babel 2014 :

 

Duta Wisata Babel 2014 : ANNISA ROHMAH (Dayang/Pangkalpinang) & ALEO SAPUTRA (Bujang/Bangka)

Runner Up : SUZANA (Dayang/Bangka Barat) & BAYU RIZKI (Bujang/Belitung)

Duta Wisata Persahabatan : VIERDA OKTA HUMAIROH (Dayang/Bangka Selatan) & FRE SEN (Bujang/Bangka Tengah)

Duta Wisata Berbakat : GRESYA ANGGRAINI (Dayang/Belitung) & JOHNSON NEGERAHO (Bujang/Bangka Selatan)

Duta Wisata Intelegensia : ELYCIA EFFENSY (Dayang/Beltim) & ARIO SAGASKARA KUMUDHAJATI (Bujang/Pangkalpinang)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail
Fotografer: 
Ismail
Editor: 
Ismail