Annisa Cs Wakili Babel di Ajang PCTA Nasional

Pangkalpinang – Annisa Rohmah dan tiga rekannya berhasil lolos ke ajang Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat nasional 2013. Sebelumnya, 17 September lalu, siswi dari SMANSA Pangkalpinang ini telah menyisihkan peserta lomba lainnya saat PCTA tingkat provinsi, di LPMP Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang dimotori Kementerian Pertahanan bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Pemuda dan Olah Raga ini bertujuan menanamkan dan meningkatkan jiwa cinta tanah air serta bela negara kepada pelajar SMU se-Indonesia.

Sasaran kegiatan yang dikemas melalui kompetisi diskusi dan penulisan artikel mengenai bela negara tersebut di antaranya, untuk meningkatkan kemampuan mengekspresikan pemikiran siswa, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membina pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara.

Tak hanya itu, PCTA juga menjadi strategi mensosialisasikan program bela negara di lingkungan pelajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia. Pemenang PCTA tingkat provinsi akan maju ke putaran grand final di Jakarta selama empat hari yakni mulai tanggal 12 hingga 15 November 2013 mendatang. Setelah menyelesaikan rangkaian lomba grand final PCTA, seluruh peserta kemudian mengikuti kegiatan city tour.

Kegiatan city tour bertujuan mengenalkan tempat-tempat penting dan bersejarah di Ibukota Indonesia, seperti Monas, Museum Satria Mandala, dan istana negara. Peserta juga diajak menyaksikan pameran teknologi pertahanan bertaraf internasional Indo Defence 2013.

“Atas nama pribadi saya berpesan kepada adik-adik agar dapat menjaga nama baik provinsi kita. Saya juga berharap agar bisa mengerahkan segala kemampuan untuk mendapatkan hasil terbaik,” pesan Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat audiensi bersama siswa yang akan mewakili Bangka Belitung di ajang PCTA tingkat nasional, di kantornya, Rabu (6/11/2013).

Kedatangan siswi terpilih ini didampingi Kolonel Inf Bambang Sulistiantoro Kepala Koordinator Daerah (Kakorda) Kementerian Pertahanan Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bambang mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya membangkitkan karakter generasi muda. Sehingga pemuda Bangka Belitung mampu berdebat dan diskusi.

“Kita ingin membangun karakter generasi muda agar tidak terputus, dan mereka mampu mengisi kemerdekaan ini,” ungkap Bambang.(rf/hzr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky | Huzari
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari