Antusias Warga Batu Beriga Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Batu Beriga - Warga Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar sangat antusias mengikuti perlombaan permainan tradisional yang digelar Disbudparpora Bangka Tengah (Bateng) dalam rangka memeriahkan kegiatan Sail Komodo di Pantai Batu Beriga, Sabtu (19/10/2013).

Pantauan babelprov.go.id, orang tua sampai anak-anak berduyun-duyun mendatangi pantai batu beriga yang merupakan tempat perlombaan permainan tradisonal itu. Tak sedikit anak-anak SD setempat yang rebutan mendaftar untuk ikut lomba makan kerupuk. Bapak-bapak dan Ibu-Ibu juga tak kalah antusiasnya dengan anak-anak SD untuk mendaftarkan diri sebagai peserta lomba permainan galah panjang.

Anak-anak SD sangat bersemangat sekali dalam mengikuti lomba makan kerupuk ini. Anak-anak berlomba-lomba untuk segera mengahabiskan kerupuk yang terikat pada seutas tali yang digantung.

Endang Setiawan, Kades Batu Beriga mengatakan bahwa masyarakat desa Batu Beriga sangat senang dan antusias dalam mengikuti perlombaan permainan tradisional ini, seperti makan kerupuk untuk anak-anak SD, untuk orang dewasa ada lomba enggrang, lomba gasing, dan lomba galah panjang.

Lomba galah panjang merupakan permainan tradisonal yang terdiri dari dua tim yang mana masing-masing tim terdapat  lima orang pemain. Pemain dalam galah panjang ini harus menjaga garis agar pemain tim lawan tidak bisa melewati garis dari gelanggang yang telah dibuat. Tim yang paling banyak pemainnya mampu melewati garis dari depan sampai belakang dan kembali ke depan akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

“Lomba galah panjang ini diikuti oleh sepuluh tim dan lamanya waktu permainan selama 15 menit, dan semua peserta adalah warga desa batu beriga”, tambahnya.

Sementara itu, Salma (43th), salah satu warga Desa Batu Bariga, sangat senang dan antusias dengan adanya acara seperti, hal itu ditunjukan sejak jam 08.00 pagi tadi ia sudah berada di pantai ini untuk menyaksikan segala lomba dan permaianan yang ada.

“sangat senang sekali, ada kemajuan untuk desa, dan masyarakat sangat terhibur dengan permainan dan festival dambus e”, ujarnya. (*nn/fa/sc/ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi | Fajrina Andini
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Surianto