Api Obor Tiba, Tanda Porwil IX Sumatera Siap Dilaksanakan

Pangkalpinang - Sekitar pukul 14.20 WIB Api Opor Porwil IX se Sumatera tiba di halaman Kantor Gubernur. Obor ini dibawa oleh Joni, Atlet  lari jarak pendek kota Pangkalpinang dan didampingi oleh sembilan atlet lainnya diserahkan langsung kepada Sahirman Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Halaman Kantor Gubernur, Kamis (12/11/2015).
 
Selesai meneriman Api  Obor Porwil IX Sahirman selaku Inspektur Upacara  membacakan pesan Kirap dimana didalam pesan tersebut tetap harus menjunjung tinggi sportifitas serta persatuan dan kesatuan.
 
“Kirab Api Porwil melambangkan semangat Olahraga. Dengan Kirap Api Porwil , junjung tinggi  sportifitas, junjung tinggi solidaritas, junjung tinggi persatuan, dan kesatuan. Dengan semangat api olahraga ini, kita mengajak segenap masyarakat Bangka Belitung untuk Bersatu membangun Negeri Serumpun Sebalai," jelasnya.
 
Seusai pembacaan pesan kirap Api Porwil, Sahirman yang ditemui tim babelprov mengungkapkan bahwa agar pesan kirap tersebut dapat dilaksanakan oleh atlet dan para wasit yang nantinya akan memperkuat jati diri anak bangsa serta bertanding secara jujur yang akan melahirkan kader anak bangsa yang baik dan siap, siap kalah dan siap menang. 
 
“Kalah dan menang bukan menjadi tujuan akhir, tapi bagaimana kita bertanding dengan semangat tanding yang tinggi dan menghormati nilai-nilai etika kejujuran," pesan Sahirman.
 
Selain itu Sahirman juga berharap agar pelaksanaan Porwil ke IX se Sumatera ini dapat berjalan sukses sesuai dengan sukses yang dicanangkan yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses peningkatan dan kesajateraan masyarakat. "Sukses ini kita harap dapat terwujud," harapnya.
 
Seusai kirap api obor, nanti malam sekitar pukul 19.00 WIB, Gubernur Rustam Effendi akan menggelar Wellcome dinner dengan perwakilan kontingen dari seluruh pejabat dan seluruh kontingen.
 
 
Semua Kontingen Telah Datang di Babel
 
Sekretaris Umum PB Porwil ke IX se Sumatera A. Roni Rahman menyatakan bahwa Semua kontingen telah berada di Pulau Bangka dan pelaksanaan Porwil IX Sumetera pun siap dilaksanakan. Selain itu, beberapa cabor telah telah melakukan technical meeting dengan masing-masing cabor dan hanya cabor sepak bola yang belum tuntas.
 
“Semua kontingen telah datang, dan kemarin malam telah melakukan technical meeting dengan masing-masing cabor. Hanya sepakbola yang alot, maklumlah olahraga ini begitu digemari masyarakat jadi wajar lebih alot. Tapi nanti malam akan dilanjutkan lagi," ungkapnya.
 
Sedangkan untuk kendala-kendala yang sempat dialami seluruhnya sudah terselesaikan seperti masalah kolam renang yang digunakan untuk pelaksanaan porwil yang kurang panjang 5 cm sudah diperbaiki atas rekomendasi Persatuan Kolam Renang Seluruh Idonesia.
 
“Kolam renang telah siap dan Persatuan Kolam Renang seluruh indonesia telah menyatakan  bahwa kolam renang tersebut telah layak digunakan. Selain itu  Pembangunan fisik panjat tebing secara fisik sudah dapat digunakan," papar Roni.
 
Saat disinggung tentang perolehan mendali kontingen Babel, Roni mengatakan bahwa atlet babel saat ini telah berhasil menyumbangkan mendali emas. "Dua mendali emas berhasil disumbangkan atlet babel dari cabor atletik yang diselenggarakan di Stadion Belitung Timur Pelangi di Belitung Timur. Ini awal yang baik bagi Babel," ungkap Roni.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi