Aplikasi Si Molek RB Terus Dikembangkan

PANGKALPINANG-- Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Monitoring Lembar Kerja Evaluasi Reformasi (Si Molek RB) terus dilakukan mengingat aplikasi ini masih baru digunakan di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini dikemukakan oleh Inspektur Inspektorat Kepulauan Bangka Belitung, Susanto saat membuka Rapat Tindak Lanjut Launching dan Pengembangan Aplikasi Si Molek di Ruang Rapat Wakil Gubernur hari ini (18/4). Kegiatan rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah, Harrie Patriadie Kepala Biro Organisasi Biro Organisasi, serta dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dia menambahkan,  aplikasi Si Molek merupakan upaya perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan secara kelembagaan dan pemberdayaan aparatur sekaligus untuk mendukung percepatan pelayanan publik oleh aparatur pemerintah provinsi.

Berdasarkan paparan yang disampaikan, terdapat 8 area perubahan yakni meliputi organisasi, tatalaksana, peraturan perundang-undangan, regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih dan kondusif, sumber daya manusia aparatur, pengawasan, dan akuntabilitas

Kedelapan area perubahan tersebut telah di masukkan kategori-kategori penilaian serta data-data pendukungnya. Sistem aplikasi Si Molek juga sampai pada akuntanbilitas hingga pengawasan.

Berdasarkan hasil rapat diperoleh bahwa perlu ditambahkannya satu aplikasi pengaduan terpusat yang terintegrasi ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Secara teknis pelaksanaan penyediaan aplikasi tersebut akan diakomodir oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan untuk proses pelaksanaannya akan dibentuk tim khusus sehingga pendistribusian aduan sesuai dengan wewenang dan tupoksi OPD terkait.

Dalam rapat ini, juga dibahas mengenai sinergitas antara aplikasi pengaduan yang akan di buat dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional ( SP4N) yang saat ini dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda
Fotografer: 
Imelda
Editor: 
Mamaq