Arahkan Hibah Uang Ke Fisik, Fery Insani Harap Pembangunan Pemprov Makin Terasa

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengeluarkan kebijakan dalam memberikan hibah. Selama ini, hibah diberikan dalam bentuk uang, selanjutnya akan diarahkan dalam bentuk fisik. 
 
Menurut Kepala Bappeda Kep. Babel, Fery Insani, kebijakan tersebut bertujuan agar pembangunan yang dilakukan Pemprov Kep. Babel makin terasa. Selain itu, postur APBD akan bergeser, dari Belanja Tidak Langsung (BTL) menjadi Belanja Langsung (BL). 
 
"Dengan adanya kebijakan ini, postur APBD akan lebih ke Belanja Langsung," ungkapnya pada saat Rapat Hibah Provinsi Pada Perubahan RKPD Tahun 2019 dan RKPD Tahun 2020, di ruang rapat Buku Limau, Kantor Bappeda Kep. Babel, Selasa, (25/06).
 
Terkait pelaksanaan pembangunan fisik, menurut Fery Insani akan diarahkan kepada Perangkat Daerah yang secara fungsi menangani pembangunan fisik atau Perangkat Daerah yang membidangi kegiatan tersebut.
 
"Pada saat implementasinya, diarahkan pada Perangkat Daerah, yang secara fungsional menangani pembangunan," ungkapnya.
 
Senada dengan Fery Insani, Sekretaris Bappeda Kep. Babel, Joko Triadhi, mengatakan, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri mengharapkan Pemerintah Daerah untuk mengurangi pemberian belanja hibah dalam bentuk uang dan diarahkan dalam bentuk fisik.
 
"Bahkan, Dirjen Bangda berpesan agar belanja hibah tersebut baru diberikan apabila belanja wajib sudah terpenuhi, namun tetap menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," pungkasnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Fitra