Arief Condong Memilih Kabupaten Bangka

Tanjungpandan – Arief Yahya Menteri Pariwisata RI lebih condong memilih Kabupaten Bangka menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata selanjutnya. Sinyal ini diberikan usai mendengarkan paparan Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di ruang pertemuan, Kantor Bupati Belitung, Jumat (2/9/2016).

Arief menilai Kabupaten Bangka lebih mudah diakses dari Bandara Depati Amir. Hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, wisatawan sudah sampai ke Kabupaten Bangka. Sedangkan jarak antara bandara ke Kabupaten Bangka Barat membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Waktu perjalanan yang sama juga harus dihabiskan wisatawan jika ingin berkunjung ke Kabupaten Bangka Selatan.

"Hampir seluruh wisatawan menggunakan pesawat dan lewat bandara untuk datang ke suatu tempat. Jarang yang menggunakan jalur laut. Hanya di daerah Kepulauan Riau yang memiliki akses jalur laut dan digunakan wisatawan dari Singapura dan Malaysia," jelasnya, Jumat (2/9/2016).

Selain itu, Pulau Bangka termasuk pulau yang berada cukup dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Waktu perjalanan menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta ke Depati Amir hanya sekitar  45 menit. Selanjutnya dengan waktu 45 menit lagi, wisatawan bisa menuju Bandara Singapura. Jadi keberadaan daerah ini cukup  mudah diakses.

“Akses menjadi perhatian penting bagi suatu daerah menjadi KEK. Contohnya daerah Tanjung Lesung, Banten dan Danau Toba. Akses daerah tersebut cukup jauh, sehingga tidak mampu menarik wisatawan untuk datang ke daerah itu. Penetapan KEK dianggap tidak berhasil,” kata Arief.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan terdapat percepatan pembangunan infrastruktur akses jalan menuju Tuing Kabupaten Bangka. Bekerja sama dengan investor, pemerintah akan membuka akses jalan dari Kabupaten Bangka menuju Kabupaten Bangka Barat.

"Jika kita mengandalkan pemerintah, proses pembangunan agak panjang. Secepatnya akan dibangun infrastruktur, jika sudah siap segera dibawa ke rapat dewan nasional. Tim sudah disiapkan dua bulan lalu,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Budi Marwoto Kepala Bappeda Bangka. Ia menjelaskan, hampir seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Bangka memenuhi kriteria untuk ditetapkan sebagai KEK. “Daerah ini memiliki perekonomian yang bagus dengan pemerintahan yang inovatif dan memiliki komitmen tinggi terhadap KEK,” tegasnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra