Arus Lalu Lintas Penumpang Dominan Naik

Pangkalpinang – Januari 2013 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang barangkat menggunakan transportasi laut mencapai 23,7 ribu orang. Sedangkan pada Februari hanya 22,7 ribu orang, atau mengalami penurunan sekitar 4,4 persen. Kendati demikian, terjadi kondisi sebaliknya jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Teguh Pramono Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kendati ada penurunan angka jumlah penumpang transportasi laut untuk bulan Februari, namun jika dibandingkan bulan yang sama tahun lalu atau 2012, ada kenaikan sebesar 87,4 persen. Ketika itu, jumlah penumpang angkutan laut antar pulau yang datang ke Babel tercatat hanya sebanyak 18,7 ribu.

Dari lima pelabuhan penumpang yang didata, pelabuhan yang mengalami penurunan jumlah penumpang terbesar tahun ini terjadi pada Pelabuhan Muntok/Tanjung Kalian yaitu hingga 14,3 persen atau menjadi 13,2 ribu penumpang yang berangkat. Sedangkan pada pelabuhan lainnya mengalami peningkatan jumlah penumpang yang berangkat.

“Pelabuhan Belinyu mengalami peningkatan terbesar yaitu 64,1 persen, diikuti Pelabuhan Pangkalbalam, Tanjungpandan, dan Manggar dengan masing-masing peningkatan sebesar 13,4; 6,1 dan 4,9 persen,” kata Teguh saat jumpa pers di Kantor BPS Babel, Senin (1/4/2013).

Jika dibandingkan dengan bulan Februari tahun lalu, kata Teguh, terjadi peningkatan penumpang yang berangkat. Peningkatan terbesar terjadi di Pelabuhan Manggar yaitu di atas seribu persen. Selanjutnya diikuti pelabuhan Belinyu, Pangkalbalam dan Muntok/Tanjung Kalian yang masing-masing naik sebesar 60,6; 15,4 dan 0,5 persen. Sedangkan Pelabuhan Tanjung Pandan mengalami penurunan sebesar 14,7 persen.

Untuk penumpang angkutan laut antar pulau yang datang ke Bangka Belitung pada Februari tahun ini, tercatat sebanyak 18,7 ribu orang. Ia menambahkan, penurunan jumlah penumpang terbesar terjadi di Pelabuhan Belinyu sebesar 65,5 persen atau, dari 1,0 ribu orang menjadi 0,4 ribu orang. Lalu diikuti pelabuhan Muntok/Tanjung Kalian dan Manggar masing-masing sebesar 12,0 dan 3,5 persen. Sedangkan jumlah penumpang yang datang di Pelabuhan Pangkalbalam dan Tanjung Pandan mengalami peningkatan masing-masing  sebesar 15,7  dan 12,2 persen.

Berbicara mengenai jumlah penumpang angkutan udara, Teguh mengatakan, jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Bangka Belitung pada Februari lalu, yaitu melalui Pelabuhan Depati Amir (Bangka Tengah) dan HAS Hanandjoeddin (Belitung) mencapai 75,1 ribu orang. Angka ini mengalami penurunan sebesar 5,9 persen dibandingkan Januari 2013 yang mencapai angka 79,9 ribu orang.

“Bandara Hanandjoeddin mengalami penurunan jumlah penumpang yang berangkat sebesar 20,8 persen. Penurunan ini terjadi jika dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat di bulan Januari menjadi 17,1 ribu orang. Sedangkan untuk Bandara Depati Amir juga mengalami penurunan 0,5 persen menjadi hanya sebesar 58 ribu penumpang saja yang berangkat pada bulan Februari,” jelasnya.(hzr/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto