Asrama Haji Babel 2020 Siap Digunakan

PANGKALPINANG - Dalam rangka mempersiapkan Asrama Haji Embarkasi Antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Jamaah Haji tahun 2020, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi terkait beberapa hal sebagai persiapan realisasinya, di ruang rapat gedung Asrama Haji Babel, Jumat (22/11).

Sebelumnya, Asrama Haji Babel merupakan Asrama Haji Transit yang masih memberangkatkan Jamaah Hajinya melalui Embarkasi Palembang. Tahun 2020 mendatang bisa akan berubah menjadi Embarkasi Antara. 
“Hal ini segera direalisasikan, seperti yang dijanjikan Gubernur Babel saat penjemputan Jamaah Haji tahun 2019 lalu”, Ungkap Asisten Bidang Administrasi Umum yang mempimpin rapat koordinasi persiapan operasional Asrama Haji Babel. 

Rapat yang dipimpin oleh Darlan Asissten Bidang Administrasi Umum ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Muhammad Ridwan dan mengundang beberapa OPD terkait kebutuhan komponen Asmrama Haji Babel dan Instansi terkait seperti Angkasa Pura, Bea Cukai hingga Imigrasi. 
Dalam rapat dibahas apa saja yang perlu disiapkan, seperti kekurangan kewajiban fasilitas yang harus disiapkan agar sesuai standart nasional untuk sebuah Asrama Haji Embarkasi Antara. 

Kakanwil Kemenag Babel, menjelaskan bahwa Asrama Haji Babel siap atas per satu kloter dengan kapasitas Jamaah Haji sejumlah 460 orang untuk kamar yang berjumlah 40 kamar yang terbagi ayas 39 kamar standart dan 1 kamar VIP dan fasilitas lainnya. 
“estimasinya 4 (empat) orang jamaah haji perkamar. Beberapa kamar sedang dalam proses penyelesaian, diperkirakan akhir Desember 2019 semua selesai”, jelasnya. 

Lebih lanjut disampaikan dalam rapat, bahwa salah satu infrastruktur yang harus segera dibangun adalah Masjid. Dikonfirmasi oleh perwakilan dari Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahwa dana ini telah disiapkan pada Anggaran Tahun 2020. Jumlah dana hibah yang sudah dianggarkan setidaknya 4,5 Milyar dab bisa digunakan per tanggal 2 januari 2020. 

Mengingat bahwa minggu ke 4 bulan Juni 2020 Jamaah Haji gelombang pertama sudah mulai masuk Asrama, maka menurutnya kekurangan fasilitas ini harus selesai di triwulan pertama tahun 2020. 

Selain itu, beberapa pihak yang diundang dalam rapat koordinasi ini juga memaparkan kebutuhan atas ruangan dengan fasilitasnya hingga sumber daya manusia. Seperti dinas kesehatan membutuhkan setidaknya 4 ruangan dengan fungsi diantaranya 2 ruang pemeriksaan kesehatan, 1 ruangan observasi dan 1 ruangan uji kelaykan makanan. sedangkan yang lainnya rata-rata hanya membutuhkan 1 ruangan. 

Terkait Standart Operasional, Kakanwil Kemenag juga menjelaskan bahwa akan lebih baik menggabungkan semua sektor pendukung yang dibutuhkan selain untuk kelengkapan fasilitas didalamnya akan disusun setelah dilakukan study banding ke Asrama Haji yang telah beroperasional sebelumnya, seperti Asrama Haji Embarkasi Antara yang sudah lebih dulu beroperasi atau Asrama Haji Palembang sebagai Asrama Haji terdekat dengan Babel dan sebelumnya juga menampung Jamaah Haji asal Babel. 

menanggapi hal ini, Asisten Administrasi Umum meminta agar bisa dilaksanakan study banding bersama ini segera, sebab SOP terkait juga dengan Peraturan Daerah yang mengatur tentang Operasinal Asrama Haji. 
“Targetnya, Maret-April 2020 mendatang, Perda ini sudah harus siap”, Tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi