Atlet Bangka Bawa Pulang Dua Emas Cabor Sepak Takraw

Beltim – Pesepak takraw asal Kabupaten Bangka memperoleh dua medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Bangka Belitung. Sementara atlet dari enam kabupaten/kota lainnya , hingga pukul 18.00 WIB, Sabtu (13/9/2014) belum berhasil mengumpulkan medali emas.

Sebagaimana dijadwalkan, pertandingan sepak takraw dimulai tanggal 10 hingga 15 September 2014. Surya, Wasit Sepak Takraw mengungkapkan, pertandingan ini cukup panjang. Pasalnya banyak peserta berlaga di cabang olahraga ini.

“Jadwal pertandingan cukup panjang, dan tidak sesuai dari jadwal sebelumnya,” jelasnya saat ditemui Babelprov.go.id saat berada di lokasi pertandingan, Sabtu (13/9/2014).

Setiap tahun peminat olahraga sepak takraw mengalami peningkatan. Ia menjelaskan, sehingga jadwal pertandingan yang semula direncanakan berlangsung selama tiga hari menjadi lima hari. Ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan sepak takraw.

Dulu, ungkapnya, sepak takraw hanya diminati sebagian warga Bangka. Namun sekarang, peminat olahraga ini sudah hampir tersebar di seluruh Pulau Bangka dan Belitung. Ini terbukti, dari tujuh kabupaten/ kota se-Bangka Belitung, hanya Kota Pangkalpinang yang tidak mengirimkan peserta putri ke ajang pertandingan ini.

Terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan panitia pelaksanaan Porprov selanjutnya. Ia mencontohkan, lapangan pertandingan harus memadai.  diharapkan tempat pertandingan sepak takraw di Gedung Olahraga (GOR) atau di ruang tertutup. Banyak kendala dirasakan atlet jika bermain di lapangan terbuka. Pasalnya atlet merasa kesulitan, sebab faktor tiupan angin dapat mempengaruhi laju bola.

Lebih jauh ia mengatakan, selain mendapatkan lapangan memadai, atlet pun perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti, pemerintah serta dukungan masyarakat. Sehingga dapat menyukseskan olahraga sepak takraw hingga ke tingkat nasional

“Seharusnya dapat mencetak poin, lalu bola keluar dari garis akibat tiupan angin,” paparnya.(nn/ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani | Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Evani