Atlet Mendulang Prestasi, Ini Buktinya

PANGKALPINANG -- Keberhasilan pembinaan atlet muda berbakat didukung talent identification dan talent scouting telah dibuktikan saat perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Tak hanya sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, Indonesia mampu melampaui target mengoleksi 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu.

Toni Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, sebelumnya ketika Asian Games dan Asian Paragames tahun lalu, Indonesia mendapat kado istimewa dari para atlet nasional. Sebab berhasil menduduki peringkat empat ajang Asian Games dengan perolehan 98 medali.

"Rinciannya, 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu," kata Toni saat Apel Senin membacakan sambutan Kemenpora momentum Peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-36 Tahun 2019 di lapangan Kantor Gubernur Babel, Senin (9/9/2019).

Tema besar HAORNAS Tahun 2019 ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Tema ini mengandung makna, olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

Lebih membanggakan lagi, lanjut Toni, atlet disabilitas mencatatkan sejarah baru setelah meraih peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu. Pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. 

"Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju," jelasnya.

Indonesia telah menata pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlet unggulan dan atlet disabilitas. Ada harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang. Telah siap atlet-atlet yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 di Tokyo.

"Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpide 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli