Babel Bidik Promosi di Bussan Korsel

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin giat menggelar promosi. Rencananya, November mendatang promosi berinvestasi dilakukan Pemprov Babel menggandeng pemda kabupaten/kota hingga ke Bussan Korea Selatan (Korsel). Mulai saat ini pemda kabupaten/kota diminta meningkatkan kualitas dan kapasitas, sehingga dipandang mata internasional.

“Provinsi bersama kabupaten kota diharapkan dapat bekerja sama dalam hal berinvestasi untuk mempromosikan aset daerahnya,” jelas Najamudin, Asisten Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bidang Administrasi Umum, di Ruang Pertemuan Tanjung Pesona, Kamis (28/8/2014).

Arahan yang disampaikan Asisten ini bertujuan meningkatkan koordinasi pemda di Bangka Belitung. Terkait persoalan anggaran, jelas Asisten, pemerintah provinsi akan membahasnya bersama DPRD Provinsi. Diperkirakan sekitar Rp90 juta dana APBD yang akan terserap untuk kegiatan promosi daerah tersebut.

“Kita dapat bekerja sama dengan kabupaten/kota untuk ikut berinvestasi dalam pameran promosi daerah yang rencananya dilaksanakan di Bussan Korea Selatan,” kata Asisten saat pertemuan yang digelar Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tampak menghadiri kegiatan ini Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, serta kepala dinas dari kabupaten/kota.

Hal senada diungkapkan Medi Umari, Kepala Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia mengharapkan, provinsi bersama kabupaten/kota dapat bersinergis untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas daerah di mata internasional. Pasalnya wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan satu kesatuan yang hanya memiliki satu gubernur.

“Mari kita meningkatkan kualitas dan kapasitas, agar kita dapat bersaing dengan daerah lain,” ungkap Medi.

Rencananya kegiatan promosi daerah di Bussan Korea Selatan pada November 2014, bekerja sama dengan PT Cakrawala Convex Indonesia. Kerjasama ini memiliki keunggulan dibandingkan pameran investasi daerah yang digelar vendor lainnya.

Terdapat beberapa daerah sudah mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini. Enos Justin, Direktur PT Cakrawala Convex Indonesia mengatakan, sejumlah daerah tersebut di antaranya Tangerang Selatan, Kendal, Sulawesi Tengah, Cimahi, Pemalang, Purwakarta dan Gowa.

“Bangka Belitung dapat bergabung dengan memberi Pusat Informasi Investasi Daerah se Indonesia. Sehingga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dengan mudah berinvestasi mempromosikan aset daerah,” harap Enos.(fa/sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari | Fajrina Andini
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina