Babel Capai 55 Persen Target Program Satu Miliar Pohon

Belitung - Sekitar 556 jutaan batang pohon telah berhasil ditanam guna merealisasikan program satu miliar menanam pohon. Penanaman pohon dilakukan sejak tahun 2008 usai pencanangan program tersebut. Tiga kabupaten menduduki peringkat teratas melakukan penanaman pohon di antaranya, Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur dan Kabupaten Belitung.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, peringatan besar di sektor lingkungan hidup dan kehutanan ini sebagai wujud kampanye. Selain itu sebagai ajakan dan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati dan ekosistem hutan sebagai aset tak ternilai yang perlu dijaga dan dilestarikan.

"Tak hanya itu, sebab diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan hutan untuk kehidupan masa kini dan masa datang," jelasnya saat memperingati hari Penanaman Pohon dan Bulan Menanam Nasional 2015, di Kawasan Hutan Produksi Batu Itam, Gunung Peramon, Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (1/12/2015). 

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan kegiatan tersebut guna mendukung dan melanjutkan program penanaman satu miliar pohon untuk dunia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tema Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2015 yakni “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup Lebih Baik”. Sedangkan tema Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional adalah “Ayo Selamatkan Puspa dan Satwa sebagai Penyangga Kehidupan, Mulai dari Lingkungan Kita“.

Lebih jauh Gubernur menjelaskan, sebagai Ikon Puspa Nasional Tahun 2015 telah terpilih Suweg (amorphopalus paeoniifolius) dan sebagai Ikon Satwa Nasional dan Beo Nias (gracula religiosa robusta). Hutan sangat penting sebagai pilar penyangga kehidupan, pilar pengawetan dan pilar pemanfaatan untuk generasi sekarang dan akan datang. Untuk itu keberadaan hutan haruslah dilindungi. 

Sebelumnya Nazalyus Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, program ini sudah dimulai sejak tahun 2008. Jika di pusat selalu diperingati tanggal 28 November, sementara di daerah dilakukan tanggal 1 Desember. Hal ini dengan pertimbangan agar tidak berbenturan dengan kegiatan pusat.

Lebih jauh ia menjelaskan, per November tahun 2015 Bangka Belitung sudah berhasil melakukan penanaman pohon sebanyak 556 jutaan batang. Terdapat keterlambatan merealisasikan program ini dikarenakan kekeringan dan kebakaran hutan. Kendati demikian usaha terus dilakukan, dan saat ini mulai menanam pohon lagi. Selain melakukan penanaman pohon, juga melakukan gerakan mencintai lingkungan. Sehingga target program satu miliar pohon dapat segera terealisasi.

"Saat ini terdapat seratus bibit pohon akan ditaman. Namun sebelumnya kita telah melakukan penanaman pohon sebanyak 125 bibit di sepanjang jalan menuju Gunung Peramon ini," paparnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya