Babel menjadi Tuan Rumah Sidang Pleno AFEBI ke XVI

PANGKALAN BARU - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah dalam Sidang Pleno AFEBI (Adisiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia) ke XVI dengan tema “Ekowisata Bahari sebagai Solusi Pertumbuhan Ekonomi Menuju Sustainable Development”. Dilaksanakan di Soll Marina Hotel hadir 209 peserta dari seluruh wilayah Indonesia dalam Sidang Pleno ke XVI dari 76 Perguruan Tinggi Negara dari Sabang sampai Meraoke.
 
Sebuah kehormatan bagi Universitas Bangka Belitung (UBB) di Tahun 2019 ini bisa menjadi tuan rumah Sidang Pleno yang dilaksanakan sejak 24 April 2019 hingga 26 April 2019 mendatang, terlebih Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menyiapkan waktu khusus untuk hadir disela kesibukannya menyelesaikan 6 bulan terakhir masa jabatan beliau. 
 
Ketua Dewan Pengurus Nasional AFEBI, Dr. Suharnomo, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Sidang Pleno setiap tahunnya dilaksanakan berpindah-pindah tempat dikarenakan Indonesia yang begitu luas dan beragamnya.
“Agar dapat bersama dilihat sangat nyata bahwa Indonesia ini begitu beragam dan ekonomi ini tidak hanya hidup di menara gading,” ungkapnya. 
 
Lebih lanjut dijelaskan Dr. Suharnomo, M. Si, Sidang Pleno merupakan hasil pembahasan banyak hal perekonomian dan bisnis di Indonesia. Secara internal diantaranya membahas persiapan-persiapan Fakultas ekonomi dan bisnis menghadapi industrial revolution for point go. 
 
Seperti berkali kali dijelaskan Presiden Jokowi bahwa ekonomi harus relevan dengan zaman, AFEBI kedepannya juga akan menyiapkan materi bisnis digital, sebab bagaimanapun generasi millenial membutuhkan perubahan yang akan ditawarkan kepada mahasiswa agar ilmu yang didapat relevan dengan zaman.
 
Selain itu, Falkultas ekonomi dan bisnis ingin lebih banyak berkontribusi dan bersuara dalam porsi kebijakan yang bagus bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. “Saatnya AFEBI bersuara untuk memberikan yang terbaik, bagaimana berekonomi dan berbisnis untuk bangsa dan negara,” tegasnya dihadapan para peserta dan Menteri Susi.
 
Ekowisata Bahari yang berkaitan dengan tema tahun ini, kehadiran Menteri Susi akan begitu memotivasi peserta yang hadir sebagai bentuk apresiasi dalam mendengarkan sosok Ibu Menteri yang terkenal dengan quote nya “tenggelamkan”, sebab mulai dari mahasiswa hingga pakar-pakar ekonomi pun begitu merindukan sosok- sosok yang memotivasi dan akan terus berjuang, sangat egaliter, tidak basa basi, nasionalis seperti Menteri Susi.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Fitra