Babel Menoreh Prestasi, Gubernur Erzaldi Bakal Terima Penghargaan di Bidang Olahraga

Pangkalpinang - Kembali, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman akan menerima penghargaan. Kali ini, Gubernur Erzaldi mendapatkan penghargaan sebagai tokoh olahraga yang memiliki kepedulian untuk memajukan bidang olahraga.
 
"Pak Gubernur Erzaldi akan mendapat penghargaan sebagai tokoh pembina olahraga berprestasi nasional 2019, dari Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) RI," ujar Suharto Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel, Selasa (03/09/2019) di ruang kerjanya Diskepora Babel.
 
Informasi ini diketahui setelah mendapat surat undangan penerima penghargaan sebagai pembina olahraga tahun 2019. Pemberian penghargaan Olahraga kepada pelaku olahraga berprestasi tahun 2019 sebagai implementasi Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2014 tentang Pemberian Penghargaan Olahraga. 
 
Dijadwalkan penyerahan penghargaan akan dilaksanakan Minggu, 8 September 2019, di Siring Jalan Jend. Sudirman, Masjid Raya Sabila Muhtadin Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Pemberian penghargaan akan dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXVl Tahun 2019 tanggal 8-9 September 2019. HAORNAS kali ini mengusung tema "Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja".
 
Terdapat lima orang penerima penghargaan di antaranya, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail (Pembina Olahraga), Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. (Pembina Olahraga), Dr. H. Fachrori Umar, M.Hum (Pembina Olahraga), Dr. H. Syarif Fasha, ME. (Pembina Olahraga) dan Prof. Dr. Nurdin Purnomo (Pembina Olahraga).
 
"Alhamdullilah, ini suatu prestasi terhadap olahraga di Babel. Penghargaan tersebut memang sudah selayaknya diperoleh Pak Gubernur Erzaldi Rosman," ujar Kadiskepora Suharto.
 
Lebih jauh Kadiskepora Suharto mengatakan, berkat dukungan dan support dari Gubernur Erzaldi, berbagai event baik tingkat nasional maupun internasional terus terselenggara di Babel.
 
Sejumlah event tersebut antara lain, kejuaraan MXGP tingkat dunia, kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia seri c.  Tak hanya itu, di tahun 2019, Babel jadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan bola basket tingkat Asean. 
 
Masih di tahun yang sama, Babel sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan dua kejuaraan nasional seleksi PON yaitu Kejurnas Wushu piala presiden dan kejurnas atletik antar PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia.
 
Akhir bulan Agustus 2019, Babel kembali sukses sebagai tuan rumah Kejurnas Voli Pasir antar PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia 2019. Kesuksesan Kejurnas Voli Pasir mendapat apresiasi yang tinggi dari asisten deputi kemepora RI.
 
Kejurnas tersebut merupakan penyelenggaraan kejurnas voli pasir yang terbaik dan berskala internasional.
 
"Saya menegaskan sewaktu paparan di kementerian belum lama ini, bahwa Gubernur Babel sangat mendukung, terbukti dua aturan tentang olahraga berhasil ditetapkan", terangnya.
 
Penghargaan ini sebagai bukti, Kemenpora mengapresiasi dan menghargai pimpinan daerah yang aktif selaku tokoh olahraga. Kepedulian dan support pimpinan daerah Babel terbukti, dengan telah dihasilkannya dua aturan keolahragaan yaitu Perda tentang Olahraga dan Pergub tentang Besaran Bonus Bagi Atlet yang Juara dan Berprestasi.
 
"Pemerintah Babel harus tetap semangat untuk memikirkan olahraga agar di masa mendatang Babel bisa dijadikan sebagai lumbung atlet. Sudah terbukti dua atlet PPLP Babel masuk TC Seagames meskipun masih yunior," jelasnya.
 
Keberhasilan dan prestasi olahraga yang diraih Bangka Belitung, tak lepas dari peran penting Suharto Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Babel.
 
Seperti diketahui, Kadiskepora Suharto yang juga selaku Ketua Perbakin Kabupaten Bangka ini selalu aktif membina dan melatih para atletnya agar bisa meraih berprestasi.
 
Terbukti, tiga atlet menembak dibawah binaannya kini sudah mengantongi tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua mendatang. 
 
Satu hal yang membuat Kemenpora merasa salut dan bangga. Saat ini Diskepora Babel dibawah kepemimpinan seorang mantan atlet menembak nasional.
 
"Plh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Bu Suryati sempat tercengang dan kaget ketika mengetahui Kadiskepora Babel sekarang ternyata mantan atlet menembak nasional dan sekaligus sebagai pelatih menembak," ujarnya.
Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits