Babel Miliki 107 Lembaga Perpustakaan Yang Terakreditasi

PANGKALPINANG - Selama dua hari dari tanggal 26-27 Oktober 2020, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI mengadakan sosialisasi akreditasi perpustakaan tahun 2020 di Hotel Cordela Pangkalpinang, Selasa (26/10/20)

Kegiatan yang melibatkan sejumlah pustakawan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai peserta juga dihadiri Asyraf Suryadin selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan narasumber serta tim Perpusnas RI.

Sosialiasasi pedoman akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian proses pengakuan formal bagi lembaga perpustakaan yang telah memenuhi syarat secara kuantitas atau kualitas dalam pengelolaan perpustakaan. 

Sepanjang kurun waktu tahun 2011- 2020, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 107 lembaga perpustakaan yang telah terakreditasi yang terdiri dari, 90 perpustakaan sekolah, 1 perpustakaan PT, dan 16 perpustakaan umum (desa/kelurahan).

Pada pembukaan kegiatan tersebut, Kepala DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin mengatakan, agar perpustakaan dikelola secara profesional dan terukur maka, diperlukan standar perpustakaan.

"Standar nasional perpustakaan digunakan sebagai acuan bagi penyelenggaraan, pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan   yang meliputi standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggara, dan pengelolaan perpustakaan," ujarnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi mengatakan hal yang serupa secara daring.

"Penerapan standar secara baik, konsisten, dan benar di dalam perpustakaan merupakan prasarana untuk mewujudkan layanan prima yang berfokus pada kepuasan pemustaka sehingga, mutu penyelenggaraan perpustakaan akan lebih baik dan sesuai dengan standar yang ada," ungkapnya.

Dalam penjelasannya, pengertian standar sendiri merupakan suatu dokumen yang memuat ketentuan teknis, pedoman, atau karakteristik yang harus dipenuhi oleh sistem atau produk yang ditetapkan oleh suatu lembaga berdasarkan hasil kesepakatan dari para pemangku kepentingan dan dapat dipergunakan secara umum dan berulang-ulang untuk memperoleh tingkat keteraturan yang optimis.

Atas pencapaian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk lembaga perpustakaan yang telah terakreditasi pada saat ini, Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengharapkan lembaga perpustakaan yang ada di Kepulauan Bangka Belitung terakreditasi secara bertahap sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). 

Sumber: 
DKPUS
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Listya