Babel Siap Gelar Pertemuan IMT-GT

Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan siap menjadi tuan rumah pertemuan tingkat Menteri The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke 23 tahun 2017. Sedikitnya terdapat sepuluh poin menjadi tanggung jawab tuan rumah dan sekitar setahun waktu mempersiapkan penyambutan menteri dan delegasi pertemuan tersebut.

Budiman Ginting Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan September tahun depan. Tanggung jawab tuan rumah sebagai penyelenggara pertemuan di antaranya, pertama mempersiapkan spanduk dan baliho di airport  dan sepanjang jalan. Kedua, mempersiapkan VIP room airport untuk menteri dan tamu VIP.

“Tanggung jawab kita lainnya, harus menyiapkan mobil dan LO (liaison officer) untuk tamu VIP berjumlah 12 unit mobil ditambah satu untuk LO. Sejumlah tamu tersebut di antaranya, menteri Indonesia, Malaysia dan Thailand. Selain itu ada director general ADB dan secretary general ASEC,” kata Budiman saat persiapan awal pertemuan IMT-GT, di ruang Tanjung Pesona, Kantor Gubernur, Jumat (30/9/2016).  

Selanjutnya terdapat tiga ketua chief minister, senior officials (SO) Indonesia, Malaysia dan Thailand serta director CIMT. Ia menambahkan, tanggung jawab tuan rumah keempat yaitu menyediakan dua bus kendaraan untuk delegasi. Sedangkan enam tanggung jawab lainnya, mempersiapkan keamanan selama  penyelenggaraan, site visit, menyediakan souvernir daerah, welcome dinner, medical services dan live shoot.

Menyinggung mengenai rangkaian acara, Budiman mengatakan, hari pertama terdapat pertemuan tingkat national secretariat, joint business, prepSOM. Memasuki hari kedua ada pertemuan tingkat senior officials dan hari ketiga pertemuan chief minister and governors forum, ministerial retreat. Sedangkan hari keempat digelar pertemuan tingkat menteri IMT-GT.

Kegiatan ini diikuti menteri Indonesia, Malaysia dan menteri dari Negara Thailand. Menurut Budiman, terdapat tiga SO dari masing-masing negara, sepuluh gubernur dari Indonesia, delapan chief minister Malaysia dan 14 gubernur Thailand serta 32 chief ministers/governors. Selain itu ada delegasi ADB, ASEAN secretariat (ASEC) dan center for IMT-GT (CIMT).

“Kita tidak menjadi peserta dalam kegiatan ini. Namun karena Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menjadi peserta, kita harus mempersiapkan bahan untuk disampaikan dalam pertemuan tersebut. Sementara ini dibentuk tim terlebih dahulu, dan selanjutnya melakukan koordinasi dengan pihak Kemenko Perekonomian,” jelasnya.

Sementara Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, biasanya sudah ada panitia pusat yang membidangi kegiatan ini. Namun di tingkat daerah perlu ada tim untuk membantu panitia pusat menggelar acara tersebut. Sebelum mempersiapkan tim, ada baiknya melakukan koordinasi ke pusat terlebih dahulu.

“Kita mencari informasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini. Terutama isu yang akan diangkat dalam pertemuan tingkat menteri IMT-GT tahun 2017. Setelah mengetahui informasi terkait kegiatan ini, kemudian bisa menentukan langkah-langkah yang harus dipersiapkan pemerintah daerah,” kata Noviar.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Rizky Fitrajaya/Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra