Babel Terima Wahana Tata Nugraha 2012

Jakarta – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2012 dari Kementerian Perhubungan RI. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh menteri Perhubungan, EE. Mangindaan,Senin (06/5).

Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/kabupaten yang berhasil meningkatkan penyelenggaraan system transportasi perkotaan.

Untuk Provinsi Bangka Belitung Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2012 diterima oleh tiga Kabupaten. Kabupaten Bangka, Bangka Selatan serta Kabupaten Belitung bersama 39 Kabupaten dan Kota lainnya ikut turut menerima plakat tersebut.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H.M.Ilyas, Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2012 merupakan Penghargaan pertama kali yang diterima Bangka Belitung dengan indikator paling baik dengan klasifikasi Kota/Kabupaten kecil, sesaat kepada babelprov sebelum acara dimulai.

“ini kali pertamanya Babel dapat penghargaan, semoga bisa memberikan semangat kepada daerah agar lebih memperhatikan urusan transportasi di wilayah kita”, harapnya.

Ilyas juga menambahkan,  ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menentukan wilayah yang berprestasi. Aspek administrasi, teknis dan operasional serta komitmen Kepala Daerah serta kebijakan Pemerintah Daerah menjadi acuan penentuan penilaian.

“pendanaan, kelembagaan, perundang-undangan, sumber daya manusia, angkutan, prasarana, lalu lintas dan lingkungan dan pelayanan ke masyarakat, itu yang jadi focus penilaian”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi, mengatakan Plakat Wahana Tata Nugraha yang diterima dapat memacu Pemerintah Bangka Beitung untuk dapat membenahi system transportasi di Bangka Belitung.

“tidak semata-mata puas dengan prestasi sekarang ini, agar terus lebih baik kedepan”,harapnya.

Rustam juga menambahkan, penataan masalah transportasi akan terus dilakukan dengan menata angkutan transportasi ke daerah-daerah vital seperti arah menuju ke Rumah Sakit Provinsi dan ke komplek Perkantoran Pemprov.

“kendaraan umum menuju Rumah Sakit Provinsi dan menuju kantor Pemprov akan segera diatasi secepat mungkin, tegasnya.

EE. Mangindaan, dalam sambutannya mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan stimulus kepada Pemerintah Daerah dengan harapan system transportasi perkotaaan yang tercipta sehingga lalu lintas dan angkutan kota menjadi lebih tertib, lancar, selamat, efisien, berkelanjutan dan menjamin equitas hak pengguna jalan.

“dengan pertumbuhan volume kendaraan yang terus meningkat, harus diikuti dengan keselamatan dan keamanan para pengguna jalan, Dan kedepan ini adalah prioritas kami”, ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan ini dihadiri oleh Kepala Daerah, Unsur Kepolisian, Anggota Komisi V DPR RI, dan para pejabat eselon di Kementerian Perhubungan RI. (fa)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina