Babel Tuan Rumah Event Internasional MNEK 2020

PANGKALPINANG--Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan event internasional. Event internasional yang akan digelar di Babel itu adalah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020. 

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, menyambut baik digelarnya  MNEK yang akan berlangsung di Babel pada Agustus 2020 mendatang. Wagub menilai bahwa event ini akan mengenalkan potensi Bangka Belitung kepada dunia.  Hal tersebut disampaikannya saat menerima kedatangan panitia persiapan MNEK, Senin (8/7) di Ruang Rapat Tanjung Pendam Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung. 

Rapat persiapan MNEK tersebut membahas mengenai sinergitas serta koordinasi dengan pemerintah daerah dalam mempersiapkan event internasional tersebut.

Semntara itu,  Letkol Filda Malari, salah satu panitia persiapan mengatakan, event internasional MNEK akan menghadirkan kekuatan laut asing di wilayah Indonesia dan  akan dilakukan latihan bersama dalam membangun kemaritiman internasional. 

“Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) mengusung tema  Civil Military Interaction Programme (CIMIP). Ada tiga hal yang akan dilakukan yakni sebagai bagian dari Civil Interaction yakni Children Education Clinic, Human Development Program serta Navy Language Program,” ujar Filda. 

Dia menambahkan, event ini juga akan memberikan pelayanan pendidikan kepada 2000 anak berupa pelatihan kemampuan khusus belajar Bahasa Inggris tanpa menulis dan mencatat. Hal ini menurutnya dapat meningkatkan soft skill anak  serta membantu program belajar anak. 

Letkol Filda Malari yang dikenal sebagai “ Otak Kanan” dari Angkatan Laut Pencipta Brain Building yakni teknik untuk menyinergikan penggunaan otak kanan dan kiri agar proses belajar siswa dapat berkembang maksimal.

Selanjutnya  rapat tersebut juga membahas mengenai rencana survei sebagai data awal kesiapan Babel pada penyelenggaraan event tersebut. Event ini nantinya juga akan menghadirkan  Kapal Perang Republik Indonesia dengan fasilitas kamar bedah serta ruangan rawat inap. Ada beberapa tindakan operasi kecil yang akan dilakukan seperti operasi katarak, tumor kecil dan hernia. Tindakan pelayanan kesehatan tersebut akan melibatkan tenaga kesehatan Angkatan Laut dari Negara asing. 

Menanggapi hal tersebut, Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan kesiapannya dalam mendukung event MNEK tersebut. 

Dia mengatakan bahwa demi kelancaran pelayanan kesehatan kepada masyarakat  dirasa perlu melibatkan pemerintah desa dalam memberikan penyuluhan awal terkait kegiatan tersebut. Selain itu informasi mengenai titik sandar kapal perlu disosialisasikan sehingga pemerintah daerah dapat mempersiapkan akses serta pelayanan medis pembantu di sekitar titik sandar kapal.

Dalam acara rapat persiapan event MNEK 2020 pihak panitia memberikan cindera mata kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Gubernur serta Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupa jaket, topi serta plakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda
Fotografer: 
Imelda
Editor: 
Mamaq