Bahas Prioritas Pembangunan 2020, Andre Sarankan Meningkatkan Pelayanan Publik

BELITUNG TIMUR -- Dinas Komunikasi dan Informatika disarankan dapat mendongkrak peningkatan pelayanan publik. Selain itu, hendaknya dapat memperkuat data, sehingga bisa membantu Bappeda melakukan perencanaan pembangunan daerah. Data tersebut terintegrasi sampai kabupaten kota.

Andre JFT Prakom Muda Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, terdapat enam prioritas pembangunan tahun 2020 di antaranya pengembangan pembangunan di bidang agropolitan. Kemudian pengembangan pariwisata dan pembangunan sektor bahari.

"Diskominfo dapat membantu masyarakat memasarkan produk menggunakan teknologi informasi," kata Andre saat menyampaikan materi dalam Rakor Diskominfo se Bangka Belitung, di Hotel Guest, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (14/2/2019).

Penggunaan teknologi informasi, kata Andre, semestinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, teknologi memotong dan memperpendek jalur pemasaran. Contohnya untuk kepentingan nelayan, jika menggunakan teknologi tidak lagi bersentuhan dengan calo.

Begitu juga untuk bidang pembangunan pendidikan. Ia menambahkan, sekarang pelaksanaan ujian sudah berbasis komputer. Ini tentunya perlu mendapatkan dukungan teknologi mempuni. Salah satu langkah yang dapat dilakukan, menghilangkan blank spot.

Untuk melaksanakan ujian berbasis komputer, membutuhkan jaringan internet yang baik. Menurut Andre, hal tersebut bertujuan agar setiap daerah bisa melaksanakan ujian di sekolah masing-masing. Semua ini mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

"Selanjutnya ikut mendukung pembangunan di bidang kesehatan serta peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik," kata Andre.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Yusrizal
Editor: 
Padli