Bangun Olahraga Berprestasi Melalui Perda Keolahragaan

BANGKA - Pembinaan dan pelaksanaan keolahragaan membutuhkan payung hukum yang kuat. Dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) No.13 Tahun 2016 tentang Keolahragaan, diharapkan pelaksanaan hal dimaksud dapat dilakukan secara sistematis dan berprestasi. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel, Jawarno, saat menjadi narasumber Kegiatan Penyebarluasan Perda, Sabtu (10/04/2021), di hotel Wisma Aksi, Kace Timur, Kabupaten Bangka.
 
"Untuk pemuda dan pelaku olahraga, mari kita sama-sama bangun dan jangan terlalu pasif serta pesimis dalam menghadapi covid-19. Dengan adanya perda tentang keolahragaan, Babel telah memiliki payung hukum untuk mengatur generasi muda yang berprestasi di bidang olahraga. Jadi, jangan takut, semuanya sudah dipersiapkan untuk kepentingan masyarakat Babel," ujar Jawarno bersemangat. 

Jawarno mengajak para pemuda pelaku olahraga untuk terus bangun dan jangan pesimis menghadapi Covid -19. Ditambahkannya, Perda tentang keolahragaan sangat penting untuk diketahui masyarakat sebab didalam perda tersebut mencakup kreativitas keolahragaan, perlindungan, pembinaan, serta prestasi olahraga. 

Tak hanya itu, baik dalam penetapan pelatih dan fasilitas sarana prasarana lainnya, sudah diatur di dalam perda yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing atlet serta pelaku olahraga di Babel yang akan bermuara pada peningkatan prestasi. 

"Selama ini, banyak msyarakat yang berprestasi di desa, akan tetapi mengalami kesulitan dalam menyalurkannya. Pelaku olahraga tersebut tidak tahu bagaimana dan seperti apa arah pembinaan selanjutnya. Maka, pentingnya perda tentang keolahragaan ini diketahui masyarakat," tambahnya. 

Selain itu, ia menjelaskan agar masyarakat tidak takut meminta bantuan serta dukungan provinsi agar dapat melakukan pembinaan bagi pelaku olahraga, baik di daerah pelosok maupun di desa-desa yang berprestasi namun tidak tersalurkan. 

"Bagi anak-anak muda, mari ke depan kita tunjukkan prestasi ke arah yang lebih baik lagi," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Babel, Panji Utama, menjelaskan bahwa yang menjadi landasan hukum tentang keolahragaan baik di Babel maupun nasional, antara lain Undang-Undang Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang No.3 Tahun 2015 tentang Sistem Olahraga Nasional. Khusus di Babel, ada Perda No.13 Tahun 2016 tentang Keolahragaan. 

"Jadi, baik di Bangka Belitung maupun di Indonesia sudah lengkap aturan tentang keolahragaan. Ada undang-undang, peraturan pemerintah maupun peraturan daerah," jelasnya.

Sumber: 
Publikasi Setwan
Penulis: 
Utari Marisa
Fotografer: 
Utari Marisa
Editor: 
Dini