Bappeda Fasilitasi Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Babel 2021

PANGKALPINANG - Sekretaris Bappeda Kepulauan Babel, Joko Triadhi membuka kegiatan fasiltasi rancangan peraturan kepala daerah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten/kota Tahun 2021, Senin (29/6/20).

Dalam penjelasannya, fasilitasi yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2020, merupakan tahapan dari penyusunan perencanaan sesuai dengan yang diamanatkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

"Fasilitasi RKPD provinsi sudah dilakukan oleh kemendagri pada Rabu (24/6) yang lalu, saat ini kami sedang menunggu hasil dari fasilitasi yang telah dilakukan," ungkapnya melalui virtual meeting.

Menurutnya, fasilitasi bertujuan untuk menjaga konsitensi program antara RPJMD dan RKPD, mengidentifikasi program dan kegiatan yang mendukung prioritas nasional, serta memastikan tahapan dan tata cara penyusunan RKPD sesuai dengan Permendagri No 86 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 40 Tahun 2020.

"Hasil fasilitasi akan disampaikan dalam bentuk surat gubernur melalui kepala bappeda provinsi sebagai bahan penyempurnaan rancangan perkada tentang RKPD kabupaten/kota," ujarnya.

Terkait penetapan rancangan perkada tentang RKPD tahun 2021, menurut Sekretaris Joko Triadhi, berdasarkan Permendagri Nomor 40 Tahun 2020, bila RKP belum ditetapkan sampai dengan bulan Juni tahun 2020, Gubernur Erzaldi dapat menetapkan rancangan perkada tentang RKPD provinsi paling lama minggu keempat bulan Juni tahun 2020.

"Sedangkan untuk penetapan rancangan perkada tentang RKPD kabupaten/kota, dilakukan paling lama satu minggu setelah perkada tentang RKPD provinsi ditetapkan," pungkasnya.

Sumber: 
Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Listya